ASN Kementan pakai baju khas NasDem di acara HUT NasDem

Pakai Seragam Loreng Khas Nasdem, Pejabat Kementan Terancam dapat Sanksi

rini | Politik | 18-11-2021

PARBOABOA, Jakarta - Foto viral yang menunjukkan sejumlah anggota Eselon I Kementan menggunakan seragam loreng biru yang identik dengan Partai Nasdem berbuntut panjang.

Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto akan memanggil Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) Kasdi Subagyo untuk mengkonfirmasi terkait penggunaan seragam tersebut.

Pemanggilan ini juga berkaitan dengan fungsi dan pengawasan penegakan netralitas ASN, pasalnya seluruh ASN harusnya bebas dan netral dari pengaruh partai politik manapun.

"Netralitas ASN adalah sesuatu yang harus dijunjung tinggi karena ASN berfungsi sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Apalagi bagi seorang pejabat JPT Madya yang semestinya menjadi contoh bagi bawahan," jelas Agus, Rabu (17/11).

Agus menjelaskan, kasus ini KASN akan melakukan pemeriksaan secara objektif dan independen. Terkait dengan sanksi yang akan diberikan akan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Pejabat Kementan Menggunakan Baju Khas Nasdem

sebuah foto menampilkan sejumlah pejabat Eselon I Kementan mengenakan seragam Kostranas Partai NasDem saat berfoto dengan Paloh dan Mentan yang juga merupakan kader NasDem, Syahrul Yasin Limpo, di acara HUT ke-10 NasDem, pada Senin (15/11).

Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono, para pejabat Kementan saat itu menghadiri acara Nasdem dengan mengenakan seragam loreng untuk menghormati acara tersebut.

"Kami ingin menghormati acara tersebut dan kami hadir bersama juga Pak Menteri, tidak ada maksud lain, mohon maaf kalau memang itu bagian yang kurang berkenan di Bapak Ibu sekalian. Sesungguhnya di hati kami tetap dalam upaya birokrat ya birokrat, tapi karena ini menghormati, kami memakai atribut itu," kata Kasdi.

Ia meminta maaf atas kejadian tersebut dan berjanji tak akan mengulangi hal serupa.

Tag : #kementan    #netralitas asn    #pejabat kementan kenakan seragam nasdem    #politik   

Baca Juga