Ilustrasi rapat KPU bersama Komisi II DPR RI dan Bawaslu

Pemerintah Putuskan Jadwal Pemilu 2024

Sondang | Politik | 24-01-2022

PARBOABOA, Jakarta -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Komisi II DPR RI dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menggelar rapat jadwal Pemilu 2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Senin (24/1).

Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Ketua KPU Ilham Saputra, dan Ketua Bawaslu Abhan turut hadir dalam rapat tersebut.

Berdasarkan pertimbangan yang matang, KPU dan pemerintah akhirnya sepakat menetapkan tanggal 14 Februari sebagai hari pemungutan suara alias pencoblosan Pemilu 2024.

"Hari pemungutan suara direncanakan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, jadi 14 Februari ini hari Rabu, Rabu menjadi hari penyelenggaraan pemilu dari tahun ke tahun, 14 Februari pernah juga diusulkan pada konsinyering pertama antara pemerintah dan DPR RI," kata Ketua KPU Ilham Saputra.

Setelah itu, Tito sebagai perwakilan pemerintah juga ikut menyatakan kesepakatannya terhadap jadwal pemilu pada 14 Februari. Ia berharap, KPU memiliki waktu luang untuk menyiapkan Pilkada yang diselenggarakan pada November.

"Untuk tanggal kami kira, dari pemerintah sepakat 14 Februari sehingga ini akan memberikan ruang dengan adanya pemilu pilkada serentak yang menurut UU 10/2016 yang kita selenggarakan bulan November. Sehingga masih ada space waktu antara Februari dengan bulan November karena itu memberi ruang yang cukup bila terjadi putaran kedua misalnya," ujarnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Pramono Ubaid telah mengusulkan tiga alternatif waktu pelaksanaan Pemilu 2024 melalui surat ke pimpinan DPR RI pada Rabu (20/1). Disitu juga dibahas rancangan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program Pemilu 2024.

"Dalam surat tersebut, KPU menyampaikan satu alternatif lagi tanggal pemungutan suara Pemilu, yakni 14 Februari 2024," ujarnya.

"Usulan ini bukanlah baru sama sekali. Karena dalam rapat-rapat konsinyering sebelumnya, KPU pernah mengusulkan 3 alternatif, yakni: 14 Februari, 21 Februari, dan 6 Maret 2024," sambungnya.

Tag : #politik    #pemilu 2024    #pilpres 2024   

Baca Juga