Ilustrasi penggunaan klakson mobil (dok: momobil.id)

Kenali Penyebab Klakson Mobil Mati dan Cara Mengatasinya

Dimas | Otomotif | 08-07-2022

PARBOABOA – Klakson merupakan salah satu komponen yang cukup penting dalam sebuah kendaraan, khususnya mobil. Sebab, komponen satu ini memiliki peran penting sebagai alat komunikasi antar mobil saat berada di jalanan.

Namun seiring pemakaiannya, para pemilik mobil pasti pernah mengalami situasi dimana klakson mobil mati secara mendadak. Masalah ini tentu sangat mengganggu para pemilik mobil saat berkendara, terutama dalam kondisi macet.

Oleh karena itu, para pemilik mobil wajib mengetahui penyebab klakson mati dan cara mengatasinya.

Penyebab Klakson Mobil Mati

1. Sekring Klakson

Saat klakson tidak menyala, bagian mobil yang paling utama untuk dicurigai adalah sekring. Sekering merupakan elemen yang berfungsi sebagai pengaman rangkaian listrik dalam mobil agar tak kelebihan muatan.

Apabila terjadi kerusakan atau kabel putus pada sekring, seluruh sistem kelistrikan, termasuk klakson akan terkena dampaknya. Akibatnya, suara klakson pun jadi melemah atau bahkan tidak bersuara sama sekali.

Umumnya, rangkaian sekring terletak di dalam sisi ruang mesin mobil. Bentuknya seperti garpu yang dilapisi oleh plastik berwarna.

2. Relay Klakson Sudah Usang

Penyebab klakson mobil mati bisa juga karena relay kotor, usang, ataupun terkena air. Pada beberapa tipe kendaraan yang dilengkapi relay, fungsi komponen ini adalah sebagai penghubung antara arus listrik mobil dengan baterai.

Letaknya ada pada sistem kelistrikan mobil dan berperan penting dalam menghasilkan bunyi ketika tombol klakson ditekan. Bila relay telah usang, maka kinerjanya tidak akan maksimal dalam menghubungkan klakson dengan sumber listrik.

3. Switch Klakson Bermasalah

Switch adalah komponen yang terletak pada tombol klakson dan terhubung dengan setir kendaraan. Bagian ini berfungsi sebagai penghubung tekanan yang diberikan pada tombol klakson ke sumber bunyi.

Saat komponen tersebut macet, maka berapa kali pun AutoFamily menekan tombol klakson, tidak akan ada suara yang dihasilkan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembongkaran pada bagian kemudi dan tombol klakson untuk memperbaiki bagian switch-nya.

4. Saklar Berkarat

Saklar yang berkarat juga bisa menyebabkan klakson mobil tiba-tiba mati. Karat pada saklar ini bisa disebabkan dari menumpuknya kerak dan kotoran pada lempengan tembaga sehingga menimbulkan masalah pada sistem kelistrikan, terutama kelistrikan pada klakson mobil.

5. Kabel Penghubung Klakson Putus

Penyebab lainnya bisa juga karena kabel yang menghubungkan klakson dengan komponen kelistrikan lainnya sedikit rusak hingga kabel terkelupas. Kabel yang terkelupas ini bisa dikarenakan munculnya jamur atau kotoran lainnya yang menumpuk di bagian soket kabel.

Selain itu, bisa juga karena terkena korosi. Fatalnya, bila didiamkan begitu saja maka kabel akan putus hingga menimbulkan korsleting listrik.

Cara Mengatasi Klakson Mobil yang Mati

Setelah mengetahui apa saja penyebab klakson mobil bisa mati, maka selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara mengatasi klakson mobil yang mati tersebut. Adapun cara mengatasinya, yaitu:

1. Cek Kabel Klakson Mobil

Saat ditemukan masalah di bagian kabelnya sebaiknya kamu mencari tahu cara cek klakson mobil yang mati dengan mengetes jalur kabel menggunakan alat khusus yakni test lamp secara berkala.

Saat alat khusus tersebut telah terhubung dengan kabel klakson lalu segera tekan saklarnya. Jika lampu tidak menyala maka sudah dipastikan ada yang rusak pada kabel klakson mobil.

Solusi terbaiknya adalah segera mengganti kabel tersebut dengan kabel yang baru. Sebelum memasang kabel yang baru ada baiknya untuk membersihkan kabel tersebut.

2.  Bersihkan Relay klakson

Bila sumber masalah penyebab klakson mobil tiba-tiba mati terletak pada relay klakson mobil. Maka cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan membersihkan relay klakson mobil.

Namun bila ternyata kerusakan sudah parah, sebaiknya ganti dengan relay klakson mobil yang baru yang memiliki spesifikasi sesuai dengan relay bawaan pabrik.

3. Rutin Membersihkan Bagian Klakson Mobil

Masalah pada sekring mobil yang disebabkan jamur atau kotoran lainnya bisa diatasi dengan rutin melakukan pengecekan kondisi sekring mobil.

Anda bisa menemukan sekring mobil di dalam ruang mesin dengan bentuk seperti garpu yang dilapisi plastik berwarna. Bila sekring rusak sebaiknya segera ganti sekring sesuai spesifikasinya.

Demikianlah seputar informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi klakson mobil yang mati. Jika cara-cara mengatasi tersebut belum berhasil juga, segeralah bawa mobil Anda ke bengkel terdekat. Semoga membantu!

Tag : #mobil    #klakson mobil    #otomotif    #komponen mobil   

Baca Juga