Ilustrasi perangkat audio pada mobil (Dok: my-best.id)

Suara Audio Mobil Anda Sering Hilang? Kenali Penyebabnya

Dimas | Otomotif | 30-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Berbagai produk mobil pastinya akan menawarkan kenyamanan berkendara bagi seluruh penggunanya. Kenyamanan tersebut bisa didapatkan melalui fitur-fitur yang disematkan pada mobil, salah satunya seperti fitur hiburan.

Fitur hiburan yang disematkan pada mobil, umumnya berupa perangkat audio. Perangkat audio biasa digunakan para pengendara mobil untuk mendengarkan musik ketika dalam perjalanan agar tidak mengantuk.

Namun, tak sedikit para pengendara mobil yang mengaku bahwa perangkat audio pada mobil mereka sering mengalami beberapa masalah. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan adalah hilangnya suara pada perangkat audio mobil.

Penyebab Suara Audio Mobil Hilang

Hilangnya suara pada perangkat audio mobil terjadi bukan tanpa sebab. Berikut ini adalah penyebab hilangnya suara pada audio mobil yang telah Parboaboa rangkum:

1. Kesalahan Memasang

Suara audio mobil yang hilang, bisa didasari oleh kesalahan saat melakukan pemasangan. Biasanya, kesalahan pemasangan ini berasal dari komponen yang aus dan tidak terpasang dengan benar.

Kesalahan dalam pemasangan seringkali tidak terdeteksi sesaat setelah dipasang, namun akan muncul dikemudian hari.

2. Modifikasi Audio

Tak sedikit para pemilik mobil yang diketahui gemar melakukan modifikasi pada perangkat audio dengan membeli produk after market yang ada di pasaran.

Namun, para pemilik mobil harus mengetahui bahwa setiap mobil memiliki standar spesifikasi yang sudah ditetapkan dan biasanya standar tersebut tidak sama dengan komponen buatan after market.

ketidakcocokan standar bisa berdampak pada kelistrikan mobil. Hal ini dinilai dapat memicu hilangnya suara pada perangkat audio mobil.

3. Masalah Kelistrikan Mobil

Penyebab hilangnya suara audio mobil selanjutnya adalah masalah kelistrikan. Sumber listrik utama yang rusak akan membuat arus listrik pada mobil menjadi tidak stabil. Apabila hal ini terus diabiarkan, maka akan berdampak pada komponen audio mobil.

4. Perangkat Audio Berdebu

Debu merupakan musuh bagi perangkat audio mobil. Ketika debu mulai menumpuk, banyak fungsi-fungsi dari perangkat audio yang terhambat dan tidak bekerja dengan baik.

Perangkat audio biasanya memiliki penutup yang rapat. Jadi, apabila debu sudah masuk, maka susah untuk keluar dengan sendirinya tanpa ada tindakan pembersihan. Oleh karena itu, sebaiknya selalu menjaga kebersihan audio mulai dari head unit, kabel, speaker hingga power unit.

5. Perangkat Audio Masih Hidup saat Mematikan Mesin Mobil

Tak sedikit para pemilik mobil yang diketahui sering melakukan beberapa kebiasaan buruk. Salah satunya seperti lupa mematikan perangkat audio terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil.

Pasalnya, jika mesin mobil kembali dinyalakan, maka perangkat audio otomatis akan menyala secara mendadak. Hal ini akhirnya menimbulkan aliran listrik yang besar.

Apabila kebiasaan ini terus dilakukan, hal itu akan membuat beberapa sistem audio akan cepat aus. Sebab, seluruh komponen audio menerima arus listrik secara tiba-tiba  dan jika dibiarkan tentu akan beresiko jebol bahkan hangus.

Demikianlah seputar informasi mengenai penyebab hilangnya suara perangkat audio mobil. Jika tidak ingin hal tersebut terjadi pada mobil kesayangan Anda, mulailah melakukan tindak pencegahan dengan  menghindari penyebab-penyebab yang telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #audio mobil    #otomotif    #kelistrikan mobil    #mesin mobil   

Baca Juga