Peringatan Hari Olahraga Nasional

Peringatan Hari Olahraga Nasional

rini | Olahraga | 09-09-2021

PARBOABOA, Jakarta - Tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 Tingkat Nasional Tahun 2021 dilakukan secara virtual melalui media zoom meeting yang dihadiri Presiden Joko Widodo, para menteri kabinet, kepala daerah, pimpinan cabang olahraga dan sejumlah anggota DPR RI.

Haornas tahun ini mengangkat tema Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Menuju Indonesia Maju.

Desain Besar Olahraga Nasional ini dijadikan panduan untuk melakukan pembinaan atlet sejak usia dini. DBON menjadi harapan baru agar Indonesia semakin banyak menciptakan atlet yang berkarakter unggul dan berprestasi di tingkat dunia.

DBON terdiri dari tiga pliar yaitu olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, dan olahraga prestasi.

Olahraga pendidikan akan menjadi pondasi bagi anak-anak usia dini untuk membentuk karakter unggul, kedisiplinan, hingga jiwa sportivitas melalui permainan olahraga.

Olahraga rekreasi berkaitan dengan olahraga yang bisa dilakukan di manapun dan kapanpun untuk menciptakan gaya hidup sehat seperti olahraga massal dan tradisonal.

Teakhir, olahraga prestasi berorientasi dengan olahraga-olahraga unggulan Indonesia yang berpotensi memenangkan medali di Olimpiade maupun Paralimpiade.

"Kita sadar bahwa tidak ada prestasi yang dihasilkan dengan instan. Untuk menghasilkan prestasi olahraga dibutuhkan pembinaan jangka panjang, yang terencana terstruktur dan berkesinambungan," kata Menpora, Kamis (9/9/2021).

Menpora Zainudin sekaligus memberikan penghargaan kepada insan olahraga. Penghargaan diberikan kepada atlet, wasit, dan pengurus olahraga Indonesia, diantaranya peraih medali emas Olimpiade 2020 Tokyo Greysia Polii/Apriyani Rahayu, peraih tiga medali emas Paralimpiade Tokyo dari cabang olahraga para bulu tangkis Leani Ratri Oktila, hingga wasit bulu tangkis yang bertugas di Olimpiade Wahyana.

Presiden Jokowi yang hadir dalam perayaan Haornas juga menyampaikan dukungan untuk kemajuan olahraga nasional.

 “Saya menyampaikan selamat Hari Olahraga Nasional yang ke-38 kepada seluruh insan olahraga Indonesia dan kepada masyarakat Indonesia yang selalu mendukung kemajuan olahraga di negara kita Indonesia,” kata Presiden dalam sambutannya, Kamis (9/9).

Jokowi mengapresiasi dan berterima kasih yang sebesar-besarnya atas perjuangan dan kerja keras dari para atlet dan kepada pelatih yang telah mengasah talenta hebat atlet Indonesia.

“Apresiasi dan terima kasih atas perjuangan dan kerja keras atlet dan pelatih yang telah mampu mengasah talenta hebat sehingga mengharumkan nama bangsa melalui prestasi olahraga. Prestasi olahraga harus terus kita tingkatkan,” ucap Jokowi.

Tag : #olahraga    #haornas    #DBON    #olimpiade    #paralimpiade   

Baca Juga