Pertamina terus menunjukkan pertumbuha bisnis yang baik di beberapa negara luar

Pertamina Tunjukkan Kinerja Bisnis yang Positif di Mancanegara

rini | Ekonomi | 18-08-2021

PARBOABOA, Jakarta - Pertamina sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara terus berupaya menumbuhkan persaingan yang kompetitif di berbagai negara sebagai salah satu perusahaan energi kelas dunia.

Selain pengakuan operasional di luar negeri, Pertamina pun berhasil menjadi satu-satunya perusahaan asal Indonesia masuk dalam daftar Fortune Global 500 pada 2021 di posisi 287.

"Saya optimis kinerja Pertamina lebih baik lagi dan frame bagi Pertamina adalah mesti bersaing dengan kompetitor di level dunia. Sebab Pertamina memiliki segala syarat, baik kualitas dan kapabilitas untuk menunjangnya sebagai salah satu perusahaan besar dunia," ujar Menteri BUMN Erick Tohir, Selasa (17/8).

Hingga saat ini, Pertamina telah memiliki aset lapangan migas luar negeri yang tersebar di 13 negara yaitu Aljazair, Malaysia, Irak, Kanada, Prancis, Italia, Namibia, Tanzania, Gabon, Nigeria, Kolombia, Angola dan Venezuela.

PT Pertamina Internasional EP (PIEP) bergerak melakukan inovasi dalam mengakusisi dan mengelola lapangan migas overseas serta mencari sumber-sumber migas di berbagai negara. Tujuannya, untuk pemenuhan kebutuhan migas domestik serta mendukung ketahanan energi nasional.

Pada saat yang sama, Pertamina melalui Pertamina International Marketing & Distribution Pte. Ltd. (PIMD) terus memperluas ekspor produk-produk unggulannya ke pasar global. Beragam produk unggulan Pertamina yang telah diterima pasar internasional antara lain Avtur, MFO, DCO, HVR-1, LCO dan Paraxylene.

Di bisnis pelumas, PT Pertamina Lubricant (PTPL) juga semakin menguatkan posisinya di pasar dunia. Saat ini, ekspor pelumas Pertamina telah menembus 14 negara dengan pasar terbesar berada di benua Asia, Afrika, dan Australia.

Di tengah pandemi Covid-19, Pertamina juga berhasil meresmikan tanker raksasa VLCC Pertamina Pride dan Pertamina Prime serta bekerja sama dengan anak usaha Petronas Group yaitu Petco Trading Labuan Company Limited (PTLCL).

Dengan kinerja Laba Bersih yang mencapai 127% dari target pada semester ini, PIS terus memberikan layanan yang terbaik sebagai Integrated Marine Logistics Company yang dipercaya di pasar internasional.

"Gencarnya inovasi bisnis Pertamina di pasar dunia serta kinerja positif Pertamina tidak terlepas dari restrukturisasi yang berjalan baik sampai saat ini. Sehingga seluruh Subholding dan anak perusahaan berhasil fokus menjalankan bisnis dan lebih fleksibel dalam pengembangan usaha" ungkap Fajriyah Usman, Pjs SVP Corporate Communication and Investor Relations Pertamina.

Tag : #ekonomi   

Baca Juga