Terbang ke Roma, Presiden Jokowi Akan Terima Presidensi G20

Terbang ke Roma, Presiden Jokowi Akan Terima Presidensi G20

Sondang | Nasional | 30-10-2021

PARBOABOA, Roma - Presiden Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) di Roma, Italia pada Jumat (29/10) pukul 17.25 waktu setempat. Bersama rombongan, Jokowi mendarat usai menempuh perjalanan udara dengan pesawat Garuda Indonesia selama 13 jam.

Dalam keterangannya sebelum lepas landas, Presiden Jokowi menyatakan bahwa kunjungan ke Italia merupakan rangkaian awal kunjungan kerjanya ke tiga negara, yaitu Italia, Britania Raya, dan Persatuan Emirat Arab (PEA).

Di Roma, Italia, Presiden Jokowi akan berpartisipasi pada KTT G20 yang digelar pada 30-31 Oktober 2021. Sedangkan di Glasgow, Britania Raya, Presiden akan berpartisipasi dalam KTT Pemimpin Dunia COP26, pada tanggal 1-2 November 2021. Selain itu, Presiden juga akan melakukan kunjungan bilateral ke Persatuan Emirat Arab.

“Ini adalah kunjungan bilateral pertama saya di masa pandemi. Saya akan pergunakan kunjungan ini untuk memperkuat kerja sama, terutama di bidang perdagangan dan investasi,” ungkap Presiden.

Presiden diperkirakan tiba di Fiumicino Airport, Roma, pada pukul 17.25 Waktu Setempat (WS). Duta Besar LBBP RI untuk Italia, R.A. Esti Andayani naik ke pesawat untuk mempersilakan Presiden turun dari pesawat.

Jokowi disambut oleh pejabat Italia H.E. Raimondo de Cardona dan Atase Pertahanan Republik Indonesia di Roma, Kolonel Laut TNI Wachyad.

Di hotel tempat bermalam, Presiden disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kedatangan Joko Widodo ke Romo dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Ia juga akan melakukan serangkaian kerja dan pertemuan bilateral.

Jokowi nantinya akan menerima presidensi G20 dari Italia. Jokowi mengatakan bahwa presidensi ini merupakan kehormatan sekaligus tanggung jawab besar bagi Indonesia yang harus dijalankan dengan baik.

Setelah penyerahan presidensi, Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi kegiatan-kegiatan G20 selama satu tahun ke depan.

Sebelum serah terima presidensi, Jokowi akan menghadiri rangkaian KTT G20. Selain hadir dalam konferensi utama, Jokowi juga diminta berbicara di acara sampingan mengenai UMKM dan peran perempuan.

"Undangan ini menunjukkan pengakuan dunia terhadap kebijakan dan keberpihakan kita kepada UMKM dan peran perempuan dalam bisnis UMKM," ujar Jokowi sebelum berangkat.

Tag : nasional, jokowi, presidensi g20, roma, italia, ktt g20

Berita Terkait