Profesor Jepang buat TTTV (Taste the TV), atau TV yang bisa dijilat untuk mencicipi makanan

Profesor Jepang Buat TV yang Bisa Dijilat untuk Mencicipi Makanan

Wanovy | Teknologi | 30-12-2021

Seorang profesor asal Jepang mengembangkan prototipe teknologi layar TV yang bisa dijilat, lantaran mengeluarkan rasa makanan tertentu.

Layar yang dijuluki Taste the TV (TTTV) itu menggunakan korsel 10 tabung rasa yang disemprotkan ke lapisan film atau ke nampan sekali pakai dalam kombinasi tertentu untuk meniru rasa makanan.

Tabung tersebut nantinya dapat menyemprotkan rasa yang berbeda dalam kombinasi yang beragam untuk menciptakan rasa makanan tertentu.

Sampel rasa kemudian digulung pada film higienis di atas layar TV datar untuk dicoba pemirsa. Setelah selesai mencicipi makanan, lapisan plastik film ditarik untuk kemudian dibuang.

Meskipun ide layar TV yang bisa dijilat ini terdengar konyol, Homei Miyashita yakin bahwa itu adalah bagian dari masa depan umat manusia.

Profesor Jepang itu membayangkan sebuah dunia di mana orang dapat mengunduh rasa yang mereka lihat di TV dan membuatnya kembali dengan korsel tabung rasa.

Menurut Profesor Miyashita, TV unik buatannya sangat relevan di era COVID-19. Sebab teknologi semacam ini dapat meningkatkan cara orang terhubung dan berinteraksi dengan dunia luar.

"Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang-orang mendapatkan pengalaman seperti makan di restoran di belahan dunia lain, bahkan saat tinggal di rumah," kata Miyashita kepada Reuters, seperti dikutip dari BBC, Minggu (26/12/2021)

Dari segi tampilan, bentuk TV yang bisa dijilat ini tidak seperti bentuk TV pada umumnya. Namun, lebih mirip seperti tabung pada alat pengaduk adoban kue (mixer) dengan ukuran cukup besar dan dibekali dengan sebuah layar yang diagonal layarnya kira-kira seukuran dengan tablet.

Di tabung berbentuk mixer itulah tempat cairan dari 10 jenis rasa berada. Berbagai cairan jenis rasa akan dicampur sehingga meniru cita rasa makanan yang muncul di TV.

Setelah dicampur, rasa tersebut akan dialirkan ke elemen bernama film higienis. Selanjutnya, cairan dari rasa tiruan pada film higienis tersebut akan dimunculkan di layar Taste the TV dan bisa dijilat oleh pemirsa.

"Saya mendesain TTTV agar ketika Anda menjilat layar secara langsung, Anda benar-benar dapat merasakan makanan yang ditampilkan di layar," kata Miyashita.

Menariknya lagi, saat ini purwarupa TTTV bisa menampilkan rasa yang ingin dicicipi pengguna dengan menggunakan perintah suara.

Dalam sebuah video demonstrasi, seseorang mahasiswa yang kebagian menggunakan perangkat ini memanggil "TTTV" untuk mengaktifkan televisi tersebut. Lalu, TTTV menjawab panggilan itu dengan bertanya "apa yang ingin Anda makan?".

Ia meminta TTTV untuk membuat coklat manis dan setelah beberapa percobaan pesanannya langsung disemprotkan ke lapisan film plastik.

"Wow, ini benar-benar terasa seperti cokelat susu. Ini manis dan enak," kata orang tersebut, dikutip dari Global News, Selasa (28/12/2021).

Miyashita sendiri mengatakan TV yang bisa dijilat ini juga bisa digunakan untuk banyak hal seperti melatih koki atau sommelier dari jarak jauh.

Sebelumnya, Prof Miyashita dan murid-muridnya telah menghasilkan berbagai perangkat yang berhubungan dengan rasa, termasuk garpu yang membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat.

Dirinya juga sedang mendekati beberapa perusahaan untuk mengembangkan metode penerapan lainnya, seperti menambahkan rasa ke roti bakar.

Tag : #TV    #tv yang bisa dijilat    #tv canggih    #teknologi jepang   

Baca Juga