Proses Ritual Pindah Agama yang Dijalani Sukmawati Soekarnoputri

Proses Ritual Pindah Agama yang Dijalani Sukmawati Soekarnoputri

Sondang | Politik | 27-10-2021

PARBOABOA, Bali - Putri Presiden Soekarno, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri baru saja menjalani upacara pindah agama atau Sudhi Wadani sebelum resmi menjadi pemeluk Agama Hindu.

Upacara tersebut dilakukan di Sukarno Center Heritage di Bale Agung, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, pada Selasa (26/10) siang. Putranya, Muhammad Putra Al Hadad, juga turut menyaksikan secara langsung ritual upacara pindah agama Sukmawati.

"Upacara telah berlangsung dengan baik, dan langsung disaksikan oleh putra beliau yang hadir langsung di Bali mewakili keluarga, yaitu bapak Muhammad Putra Al Hadad," ujar Presiden The Soekarno Center Arya Wedakarna dalam keterangannya kepada wartawan di Bali, Selasa (26/10).

Arya mengungkapkan, Sukmawati telah resmi memeluk agama Hindu setelah melakukan rangkaian acara Sudhi Wadani yang diselenggarakan di beberapa tempat di Bali, yakni di Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, dan Kabupaten Buleleng. Rangkaian upacara sudah dilakukan sejak 25, 26, dan terakhir 27 Oktober nanti.

"Kemarin telah dilaksanakan upacara melukat yang dimana Ibu Sukmawati telah melakukan upacara penyucian diri di Pantai Utara, Buleleng, yang dipimpin oleh pendeta-pendeta yang dipimpin dan difasilitasi oleh para keluarga dari Balai Agung Singaraja, yang dimana tempat leluhur dari ibunda Bung Karno," ujarnya.

Malamnya, petinggi The Soekarno Center di Singaraja melakukan jamuan makan malam terbatas kepada Sukmawati Soekarnoputri.

Saa ini, Sukmawati telah memiliki nama Bali yaitu Ratu Niang Sukmawati yang direstui oleh para pelingsir di Bali. Nama tersebut berawal saat Sukmawati meresmikan Sukarno Center dengan mengadakan Upacara Nilapati atau upacara proses penyucian sesuai dengan petunjuk Ida Pedanda Lebar, pada 2011.

Tag : politik, sukmawati soekarnoputri, hindu, islam, bali, pindah agama

Berita Terkait