Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi (Foto: jpnn.com/Ricardo)

Putri Candrawathi Diduga Lakukan Malingering, Psikolog Forensik: Pura-pura Sakit?

Juni | Nasional | 06-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Pakar Psikologi Forensik, Reza Indragiri Amriel menyoroti soal guncangan jiwa yang dialami oleh istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Reza mencurigai Putri Candrawathi melakukan tindakan malingering lantaran pilih-pilih dimana ia akan memberikan pernyataan hingga memberikan pernyataan yang berubah-ubah.

"Ketika diperiksa oleh pihak tertentu yang bersangkutan (Putri Candrawathi) sakit," ucapnya.

Hal itu terlihat ketika Putri bisa sangat terbuka saat dimintai keterangan oleh Komnas HAM dan Komnas Perempuan. Namun, ia justru terdiam seribu bahasa ketika diperiksa oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

"Kooperatif, dia (Putri Candrawathi) katakan persoalannya dari hulu sampai hilir tapi ketika diperiksa pihak lain LPSK, lembaga perlindungan saksi dan korban, justru Putri Candrawathi diam seribu bahasa," kata Reza.

Reza mengaku heran, mengapa istri Ferdy Sambo itu mengklaim dirinya sebagai korban, tetapi tak membutuhkan pertolongan.

"Aneh, ada orang yang mengklaim dirinya korban menderita sedemikian rupa pasti butuh pertolongan, tapi ketika didatangi oleh lembaga yang ingin memberikan perlindungan, justru kenapa tidak kooperatif, mencurigakan," terangnya.

"Jadi ini sakit atau pura-pura sakit?," lanjutnya.

Reza juga mengatakan, jika memang sakit, Putri Candrawathi seharusnya segera berobat sehingga dapat menjalani proses hukum selanjutnya. Namun, jika yang dilakukannya adalah malingering atau berpura-pura sakit, tentu yang bersangkutan harus mempertanggungjawabkannya.

"Kalau betul-betul sakit silahkan berobat, mudah-mudahan sembuh sehingga bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya sesegera mungkin di pengadilan. Tapi kalau ternyata itu hanya pura-pura sakit dalam kurung Malingering, wah ini jadi persoalan hukum tersendiri," ujarnya.

Reza kemudian menambahkan, tindakan Malingering bisa berasal dari dorongan atau inisiatif profesional disekitarnya.

"Dalam praktik malingering ini berdasarkan studi ya, ternyata malingering itu bisa berasal dari inisiatif profesional di sekitar yang bersangkutan," jelasnya.

"Iya (ada yang membisikinya), entah itu oknum dokter, entah penasehat hukum, entah oknum psikologi. Orang-orang sekitarnya bisa mengedukasi mendorong ironisnya klien mereka agar mempraktikan malingering" pungkasnya.

Tag : #brigadir j    #putri candrawathi    #nasional    #pelecehan seksual    #ferdy sambo    #Polisi   

Baca Juga