Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dengan Rachmat Kaimuddin (dok Antaranews)

Tinggalkan Bukalapak, Rachmat Kaimuddin Ditunjuk Jadi Penasihat di Kemenko Marves

Rini | Ekonomi | 03-01-2022

PARBOABOA, Jakarta - Usai memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai Direktut Utama (CEO) Bukalapak, Rachmat Kaimuddin secara resmi telah bergabung dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menjadi anak buah dari Luhut Binsar Pandjaitan. Hal ini terungkap dalam konferensi pers daring yang digelar Kemenko Marves pada Senin (3/1/2021).

Luhut mengatakan jika Rachmat akan menempati posisi sebagai technology sustainable development special advisor atau penasihat khusus di sektor teknologi. Dalam menjalankan tugasnya, Rachmat akan memberikan laporan dan masukan secara langsung mengenai pemanfaatan teknologi kepada Luhut sebagai Menko Marves.

"Kehadiran saudara Rachmat di sini dalam bentuk komitmen pemerintah mendorong terjadinya transformasi besar utamanya dalam bidang pembangunan teknologi Indonesia ke depannya, di mana saudara Rachmat memiliki segudang pengalaman di bidang tersebut," kata Luhut, dikutip dari akun YouTube Kementrian Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

Dalam konferensi pers tersebut, Luhut menggungkapkan sejumlah alasan dalam perekrutan eks CEO Bukalapak tersebut, salah satunya adalah karena pengalaman yang dimilikinya di bidang teknologi dan pembangunan berkelanjutan.

"Sebagai pemimpin dengan pengalaman di bidang industri dan sektor termasuk teknologi dan sustainable development merupakan point penting sehingga saudara Rachmat pantas menerima jabatan ini," ujar Luhut.

Adapun pertimbangan lain yang diungkapkan Luhut adalah mengenai latar pendidikan Rachmat Kaimmuddin yang sangat cocok untuk menempati posisi tersebut.

Dimana Rachmat memperoleh gelar Bachelor of Sains dari Massachusetts Institute of Technology dan Master of Business Administration dari Stanford University California Amerika Serikat. Selain itu, Rachmat juga telah berprestasi sejak masa SMA karena pernah mengikuti ajang olimpiade matematika dan fisika.

Selama memimpin Bukalapak, Rachmat telah berhasil membawa Bukapapak menjadi perusahaan Unicron yang pertama melantai di Bursa Efek Indonesia. Sehingga Luhut berharap, Rachmat dapat mendukung program kerja Kemenko Marves kedepannya karena ada banyak sekali pekerjaan yang memerlukan sumbangsih dari orang-orang seperti Rachmat.

"Saya juga melihat keahlian saudara Rachmat sangat penting dan saya sangat hargai keberaniannya meninggalkan kenyamanan di dalam kedudukannya di private sector dan bergabung dengan pemerintah," tuturnya.

Rachmat Kaimuddin Mengundurkan diri dari Bukalapak

Sebelumnya telah diberitakan bahwa Rachmat Kaimuddin telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Utama Bukalapak. Surat pengunduran dirinya diterima oleh perusahaan pada Selasa (28/12/2021). Bukalapak mengatakan bahwa Rachmat memutuskan meninggalkan jabatan yang telah diembannya selama dua tahun karena memilih untuk melakukan pengabdian kepada negara dengan bekerja untuk pemerintah.

Saat ini Bukalapak telah memilih Willix Halim untuk menjabat sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama sementara sampai dilakukannya pemilihan Dirut Bukalapak yang baru dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Rachmat Kaimuddin akan membantu proses transisi kepemimpinan di perusahaan.

Tag : #rachmat kaimuddin    #luhut binsar pandjaitan    #bukalapak    #kemenko marves    #ekonomi   

Baca Juga