ilustrasi

Oh Ternyata, Ini Nih Rahasia Sukses Jualan Online

Sondang | Ekonomi | 02-10-2021

PARBOABOA, Siantar – Teknologi zaman sekarang sudah sangat canggih dan sangat membantu manusia, terlebih dalam dunia perdagangan. Saat ini, orang-orang tak lagi harus berkeliling menjajakan dagangannya. Sudah ada yang namanya berjualan online.

Dengan berjualan online, Anda tidak membutuhkan modal besar. Namun, berjualan online memungkinkan akan mendapat keuntungan yang cukup tinggi. Jadi nggak heran, banyak orang yang berbondong-bondong pindah dari seorang pegawai menjadi penjual online.

Berjualan online memiliki manfaat yang sangat banyak, diantaranya:

1. Dapat dijalankan kapan saja

Dengan berjualan online, Anda tidak perlu khawatir waktu Anda akan habis untuk berjualan saja. Berjualan online, Andalah yang menentukan waktu bekerjanya.

2. Modal yang rendah

Jumlah modal menjadi hal yang sensitif bagi seseorang yang ingin memulai bisnisnya. Namun, dengan jualan online, Anda tidak perlu merogoh kocek besar-besaran. Anda hanya memerlukan perangkat seluler atau computer dan sejenisnya serta koneksi internet yang lancar.

3. Dapat dijalankan di mana saja

Anda tidak perlu khawatir ketika Anda harus pergi ke warung atau ke tempat yang jauh. Anda cukup membawa perangkat seluler Anda dan memantau website tempat Anda menjual produk Anda.

4. Dapat menjangkau masyarakat luas

Cakupan jangkauan jualan online juga sangat luas. Hal ini disebabkan karena saat ini setiap orang memakai koneksi internet dan dapat saling terhubung. Dengan syarat salah satu dari mereka mengetahui mengenai seseorang tersebut, maupun informasi yang didapatkannya.

5. Biaya operasional murah

Biaya operasional murah terdengar logis dalam menjalankan jualan online. Hal ini diakibatkan karena Anda hanya perlu menginput produk dan mempromosikannya kepada rekan-rekan Anda. Anda tidak perlu memikirkan ongkos kirim karena konsumen yang akan menanggungnya.

6. Berpeluang besar

Sebagian masyarakat percaya bahwa membeli produk secara online lebih baik. Hal ini terjadi karena sering sekali harga produk yang sama, lebih murah di toko online daripada di toko offline. 

Inilah yang membuat peluang Anda lebih besar dalam menjalankan jualan online, karena banyak masyarakat yang memiliki pendapat seperti itu.

7. Anda dapat menjadi bos bagi diri sendiri

Saat menjalankan jualan online, Anda dapat membuat peraturan atau bahkan bekerja tanpa peraturan bagi diri Anda sendiri. Hal ini terjadi karena Andalah atasan untuk diri Anda sendiri sehingga tidak ada yang akan mengatur Anda selain konsumen.

8. Tidak membutuhkan tempat tertentu

Anda tidak perlu pusing memikirkan di mana Anda harus membangun gedung untuk berjualan. Pembangunan gedung untuk jualan, belum memastikan bahwa jualan Anda akan lancar. Oleh karena itu, jualan online sangat bermanfaat bagi Anda dalam mengais rezeki.

9. Membuka lowongan pekerjaan

Di luar sana memang banyak lowongan pekerjaan, akan tetapi tidak memiliki persyaratan kerja sesimpel dan sesederhana di jualan online.

10. Mendapatkan kepercayaan konsumen

Anda dapat memilih untuk berjualan atau berbisnis online di salah satu website yang memang menjamin keamanan transaksi dengan pembeli. Sehingga, pembeli tidak takut lagi dan tidak berpikir bahwa Anda sedang berusaha melakukan penipuan terhadapnya.

Meski ada banyak kesempatan, tak semua orang punya kisah sukses jualan online. Tak sedikit online shop yang tutup di tengah jalan. Cerita-cerita macam inilah yang mungkin membuat anda keder berusaha.

Sebagai pemula, Anda nggak perlu takut buat memulai berjualan online. Parboaboa sudah merangkum tips-tips berjualan online yang memungkinkan kamu bisa sukses. Yuk simak kelanjutannya!

1. Tentukan produk yang ingin dijual

Anda bisa memilih produk buatan sendiri atau produk buatan orang lain. Jika anda memilih menjual produk sendiri, maka anda perlu memperhatikan bagaimana menentukan bahan baku dan keuntungannya. Usahakan menghitung rincian biaya yang diperlukan untuk membuat produk dan harga jual yang cocok.

Kelemahan dari memilih produk buatan sendiri ini adalah resiko memastikan kualitas produk dan membranding brand baru milikmu. Namun kelebihannya, Anda bisa bebas menentukan akan seperti apa produkmu nanti dan Anda bisa belajar pengelolaan marketing.

Sedangkan jika memilih untuk menjual produk orang lain, maka posisimu adalah sebagai reseller. Kelebihannya, Anda tidak perlu membranding produk dan memilih bahan baku. Anda juga bisa mencari supplier yang mau meminjamkan produknya terlebih dahulu, sehingga kamu tidak memerlukan modal.

Namun kekurangannya, anda harus benar-benar mengetahui supplier yang tepat. Anda juga tidak bisa mengontrol stok barang.

Kemudian berdasarkan jenisnya, produk jualan dibedakan menjadi empat, yakni sebagai berikut; produk yang sedang jadi tren, produk musiman, produk kebutuhan sehari-hari, dan produk penunjang hobi.

2. Bidik pasar yang tepat

Setelah menentukan produk yang ingin anda jual, selanjutnya adalah menentukan pasar. Karena menggunakan sistem online, maka anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Namun bidiklah pasar yang tepat sesuai dengan produkmu.

Dengan demikian Anda bisa menarik konsumen untuk membeli. Selain itu, dengan menentukan pasar yang tepat, Anda pun bisa mempertimbangkan konten dan model promosi apa yang cocok untuk calon pelangganmu.

3. Buat lapak atau toko online

Untuk mendirikan toko onlinemu sendiri, Anda bisa memilih untuk membuat website pribadi atau menggunakan media sosial milikmu. Namun, Anda juga bisa masuk dan mendaftar diberbagai aplikasi yang menawarkan e-commerce. Sudah banyak aplikasi e-commerce yang bisa anda gunakan. Pengelolaannya pun cukup mudah dan efisien.

4. Promosikan produkmu lewat media sosial

Selanjutnya, Anda bisa mempromosikan produk di media sosial. Anda bisa mulai dengan menshare ke teman-teman dekat dan kerabat. Lalu Anda bisa mulai mencari komunitas-komunitas online yang antusias dengan jenis produk yang dijual.

5. Carilah relasi yang berada di bidang yang sama

Agar bisnismu makin berkembang, cobalah mencari relasi yang berada di bidang yang sama. Dengan demikian anda bisa saling berkonsultasi masalah bisnis. Anda juga bisa saling membantu atau menjadikannya mentor.

Untuk memilih mentor, sebaiknya pilihlah orang yang sudah lebih pengalaman dan lebih dulu berada didunia bisnis. Tujuannya tentu untuk memberikan gambaran langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam berbisnis.

Semoga Berhasil

Tag : #ekonomi    #cara jualan online    #tips jualan online   

Baca Juga