Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja (Foto: MI/ROMMY PUJIANTO)

Terpilih! Rahmat Bagja Jadi Ketua Bawaslu 2022-2027

Sondang | Politik | 12-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Rahmat Bagja resmi terpilih menjadi Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Periode 2022-2027.

Hal itu terjadi usai seluruh anggota Bawaslu sepakat menunjuk Rahmat Bagja dalam rapat Pleno di Istana pada Selasa (12/4).

"Bapak Rahmat Bagja diberi amanah untuk memastikan proses kolektif kolegial kepemimpinan Bawaslu RI dapat berjalan sebaik-baiknya," kata anggota Bawaslu Lolly Suhenty dalam keterangannya dikutip dari situs resmi Bawaslu, Selasa (12/4).

Dalam kesempatan tersebut, Lolly turut memperkenalkan seluruh pimpinan Bawaslu periode 2022-2017 yakni Rahmat Bagja, Puadi, Totok Haryono, Herwyn Jefler H Malonda, dan Lolly Suhenty.

Lolly berharap, Bagja dapat memastikan kualitas pengawasan demokrasi di Indonesia mengalami kemajuan. Terutama, dalam memantau jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Selain itu, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) telah melantik kelima anggota Bawaslu tersebut dan ketujuh anggota komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2022-2027 pada Selasa (12/4) di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan itu sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 33 P Tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Komisi Pemilihan Umum. Kemudian Keputusan Presiden Nomor 34 P Tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum.

Adapun ketujuh komisioner KPU tersebut adalah Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz. KPU bahkan telah menggelar pleno dan menunjuk Hasyim Asy'ari sebagai Ketua.

Maka dari itu, Parboaboa mengucapkan “Selamat” kepada pihak yang terpilih menjadi anggota Bawaslu dan KPU periode 2022-2027.

Tag : #rahmat bagja    #bawaslu    #politik    #pleno    #kpu    #jokowi    #pemilu 2024   

Baca Juga