Buah Naga.

Raih Belasan Juta Tiap Pekan, Petani Buah Naga Tetap Untung Kala Pandemi

sondang | Ekonomi | 05-08-2021

PARBOABOA, Sulbar Disaat pandemi Covid-19, sebagian besar pelaku usaha terpuruk. Berbeda dengan petani buah naga di Pasangkayu, Sulawesi Barat. Mereka justru mendulang rupiah selama wabah virus corona melanda. Buah naga yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kini laris di pasaran.

Rugini, petani di Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Pasangkayu, bisa memanen lebih dari satu ton buah naga dari lahannya seluas 0,5 hektar setiap pekan.

Dari hasil panen itu, dia bisa mengantongi uang hingga Rp 12,5 juta. Sebagai informasi, satu kilogram buah naga bisa dijual petani dengan harga Rp 12.500.

Sedangkan di tingkat pedagang harga buah itu bisa mencapai Rp 25.000 per kilogram.

"Untuk saat ini masih dijual di pasar lokal meski banyak permintaan dari luar," kata Rugini saat ditemui pada Selasa (3/8).

Menurut Rugini, merawat tanaman buah naga relatif ringan. Namun, perawatan tanaman harus dilakukan secara baik. Tanaman harus diberi pupuk dan dijaga dari serangan penyakit secara rutin.

Beberapa tetangganya pun kini ikut menjadi petani buah naga. Lahan-lahan yang kurang produktif di Desa Polewali kini sudah banyak ditanami buah naga.

Tag : ekonomi,daerah,nasional

Berita Terkait