Jonathan Christie melaju ke babak 8 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (dok INABadminton)

Rekap Lengkap Hari Ketiga Kejuaraan Bulu Tangkis Asia: Ginting, Jojo, dan 6 Wakil Lainnya ke Perempat Final

Rini | Olahraga | 28-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Atlet bulu tangkis Indonesia melanjutkan perjuangan untuk merebut tiket menuju babak 8 besar di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badminton Asia Championship yang digelar di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina pada Kamis (28/4).

Sebanyak 13 wakil Indonesia telah menyelesaikan perjuangan, sayangnya 5 wakil Indonesia harus angkat koper dari turnamen ini setelah dibungkan oleh lawan.

Wakil Indonesia yang kalah di babak 16 besar

Kekalahan pertama wakil Merah Putih didapat pasangan ganda putra andalan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Pasangan ini harus menyelesaikan perjuangan setelah dibungkam pasangan China Ren Xiang Yu/Tan Qiang dua babak langsung dengan skor 9-21 dan 15-21.

Kemudian disusul dua wakil tunggal putri yaitu Komang Ayu Cahya Dewi dan Putri Kusuma Wardani.

Komang kalah saat berhadapan dengan wakil Jepang, Akane Yamaguchi. Sempat memimpin di babak pertama, sayangnya Komang gagal unggul di dua babak selanjutnya, pertandingan pun berakhir dengan skor akhir 23-21, 9-21, dan 19-21.

Sedangkan Putri KW kalah saat berhadapan dengan tunggal putri Thailand, Pornpawee Chochuwong. Putri KW kalah dengan skor 12-21, 11-21.

Dengan kekalahan Komang Ayu dan Putri KW ini, maka harapan Indonesia untuk membawa pulang kemenangan dari sektor tunggal putri kandas sudah.

Kekalahan juga didapat pasangan ganda campuran Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso. Berhadapan dengan pasangan China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, Adnan/Mychelle tumbang dengan skor 11-21, 13-21.

Kemudian Shesar Hiren Rhustavito harus pulang setelah gagal mengalahkan wakil Malaysia Lee Zii Jia. Shesar takluk dengan skor 14-21, 20-22.

Wakil Indonesia yang Melaju ke Babak 8 Besar

Meski ada 5 wakil yang kalah di babak 16 besar, sebanyak 8 wakil lainnya berhasil merebut tiket babak 8 besar.

Kemenangan berhasil diraih wakil tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo saat berhadapan dengan wakil Hong Kong Lee Cheuk Yiu. Chico berhasil mengunci kemenangan dalam dua babak langsung dengan skor akhir 21-19 dan 22-20.

Kemudian pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berhasil membungkam pasangan Maladewa, Hussein Zayan Shaheed Zaki/Fathimath Nabaaha Abdul Razzaq dua babak langsung dengan skor 21-7, 21-6.

Disusul pasangan ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang mengalahkan wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Bertanding hingga rubber game, Pramudya/Yeremia berhasil menang dengan skor 21-16,  18-21, dan 21-16.

Kemenangan juga berhasil diraih pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Berhadapan dengan wakil China, Praveen/Melati menang setelah berjuang hingga rubber game dengan skor akhir 22-20 16-21, 21-11.

Kemudian pasangan ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto juga sukses ke babak 8 besar, setelah mengalahkan wakil Chinese Taipei, Chang Ching Hui/Lee Chih Chen dengan skor 21-13, 21-15.

Pasangan ini menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di sektor ganda putri.

Kemenangan juga berhasil diraih dua andalan tunggal putra, yaitu Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, dan Shesar Hiren Rhustavito.

Anthony Sinisuka Ginting sukses melaju ke babak selanjutnya setelah menekuk wakil Jepang, Kenta Nishimoto. Ginting berhasil menang setelah rubber game dengan skor 21-14, 13-21, 21-13.

Sedangkan Jonatan Christie berhasil menang setelah menghajar wakil Malaysia, Daren Liew dalam rubber game dengan skor akhir 21-14, 13-21, 21-19.

Wakil Indonesia lainnya yang berhasil melaju ke babak 16 besar ini adalah pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Berhadapan dengan wakil China, Liu Yu Chen/ou Xuan Yi melalui rubbergame dengan skor akhir 21-19, 18-21, dan 21-19.

Kedelapan wakil Merah Putih yang melaju ke babak delapan besar akan melanjutkan perjuangan besok, Jumat (29/3) untuk merebut tiket menuju semifinal.

Tag : #bulu tangkis    #kejuaraan bulu tangkis asia    #olahraga    #babak 16 besar    #jojo    #ginting    #fajar rian    #praveen melati   

Baca Juga