Resep Urap Sayur Anti Ribet, Dijamin Gak Cepat Basi

Resep Urap Sayur Anti Ribet, Dijamin Gak Cepat Basi

Sondang | Selera Nusantara | 24-11-2021

PARBOABOA, Siantar – Siapa nih yang belum kenal dengan urap? Urap merupakan makanan tradisional yang terdiri dari sayur-sayuran yang kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa yang sudah diberi bumbu sebelumnya.

Makanan ini sering ditemui dalam pembuatan tumpeng yang kemudian dijadikan lauk wajib. Jenis sayuran yang ada di dalam urap dipilih sesuai makna. Misalnya, kacang panjang melambangkan kehidupan yang langgeng. Ada juga tauge yang melambangkan hidup baru, dan lain lain.

Kunci kelezatan hidangan ini bisa dibilang berasal dari bumbu urap yang gurih. Rasa gurih yang berasal dari parutan kelapa ini membuat urap memiliki cita rasa khas yang tersendiri. Selain kandungan gizi yang tidak perlu diragukan lagi, cara membuat bumbu urap pun tergolong mudah.

Namun, urap adalah makanan yang terkenal cepat basi. Hal itu dapat dikendalikan dengan sebuah tips dari Parboaboa. Tips tersebut berada di ujung artikel. Berikut resep urap sayur anti ribet.

Bahan yang dibutuhkan:

- 1 ikat bayam, petiki daunnya

- 8 helai kacang panjang, potong sepanjang jari kelingking

- 100 g kol, iris kasar

- 3 buah wortel, iris tipis sepanjang jari kelingking

- 2 genggam tauge

- ½ butir kelapa, parut

- 2 lembar daun jeruk, iris halus

- Garam secukupnya

- Gula secukupnya

Bumbu halus:

- 5 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 3 buah cabe merah

- 2 cm kencur

- 1 potong kecil gula jawa

- 1 potong terasi bakar

- 2 buah cabai merah

- 2 buah cabai rawit

Cara pembuatan:

1. Didihkan air dalam panci dan masukkan sedikit garam. Rebus bayam, kacang panjang, kol, wortel dan tauge secara bergantian hingga lunak. Angkat dan tata sayuran di piring. Sisihkan.

2. Ambil wadah yang tahan panas kemudian masukkan kelapa parut, daun jeruk dan bumbu halus. Masukkan juga garam dan gula. Aduk hingga semuanya rata kemudian cek rasanya.

3. Panaskan kukusan dan masukkan wadah berisi bumbu urap kedalamnya. Kukus bumbu urap hingga 20 menit. Angkat dan dinginkan.

4. Taburkan bumbu urap di atas sayuran, aduk hingga tercampur rata. Makanan siap disajikan.

Tips: Untuk membuat urap tahan lama, kamu perlu mengukus bumbu urap selama 20 menit atau lebih, sesuai dengan takaran. Selain itu, urap juga bisa disimpan di kulkas jika tidak dimakan habis dalam satu waktu.

Selamat mencoba!

Tag : resep urap sayur, resep urap jawa, bumbu urap, resep urap, urap sayur

Berita Terkait