Tangkapan layar video viral (dok TikTok/@kaka_tua)

Viral, RS TNI Angkatan Laut Merauke Diduga Tolak Pasien, Hingga Akhirnya Meninggal Dunia

Rini | Nasional | 26-02-2022

PARBOABOA, Papua - Sebuah video yang dibagikan di media sosial TikTok viral pada Jumat (25/2) malam. Video yang dibagikan pemilik akun @kaka_tua merupakan ungkapan kemarahan keluarga pasien yang ditolak, saat datang berobat ke Rumah Sakit Angkatan Laut Merauke.

Pasalnya pasien tersebut merupakan seorang anak yang sedang dalam kondisi yang cukup parah. Setelah ditolak dari RSAL tersebut, pihak keluarga terpaksa membawa pasien tersebut ke RSUD, namun sayang nyawa anak tersebut tidak dapat diselamatkan.

Perekam video mempertanyakan alasan pihak rumah sakit menolak pasien tersebut. Dia mengatakan jika pihak rumah sakit setidaknya harus lebih dulu menerima dan memeriksa kondisi pasien tersebut.

“Tadi ada pasien yang datang kesini, kenapa ditolak ya? Katanya tidak terima pasien. Sekarang orangnya sudah meninggal, siapa yang mau bertanggung jawab?” ungkapnya.

 Pria dalam video tersebut semakin mengamuk saat petugas dari RS memintanya untuk duduk dan berbicara dengan tenang.

“Saya tidak akan duduk. Saya duduk nyawa anak itu tidak akan kembali,” ungkapnya dengan marah.

Menurutnya anak tersebut merupakan warga sekita yang seharusnya mendapat pertolongan dari rumah sakit. Dia juga juga mempertanyakan apakah rumah sakit hanya menerima pasien jika pakai uang.

“Kalian hebat, itu orang asli Papua, harusnya kalian terima dulu, dilihat dulu. Atau harus pakai uang?” ungkapnya.

“Kalian perlu uang, iya, nanti kami bayar,” ungkapnya.

Perekam video tersebut mengatakan akan melaporkan kasus ini ke pihak kepolisian. Dia juga akan bertemu dengan Bupati untuk membicarakan kasus ini.

Dia memperingatkan petugas yang piket siap dengan konsekuensi karena mereka memastikan akan melaporkan kasus ini.

Komentar warganet

Hingga Sabtu (26/2) dinihari, video tersebut telah ditonton sebanyak 3,3 juta kali, dan mendapat like sebanyak 239 ribu kali. Sejumlah warganet juga meninggalkan komentar sebagai tanggapan mereka atas video ini.

“Begitulah mereka, Cuma mentingin uang dari pada nyawa. Miris,” tulis pemilik akun @Yusuf Saputra.

“Seharusnya diterima dilu. Yang saya dengar itu sesak, setidaknya di kasih oksigen dulu buat bantu pernapasan, kalau memang tidak bisa diterima di rs tersebut,” tulis Calaudia Michaela.

“Mesti diusut kronologisnya dari awal bagaimana,” tulis pemilik akun Soehada101.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi mengenai kronologi kejadian ini seperti apa, sehingga kita harus sama-sama menunggu untuk mengetahui kebenaran di balik cerita ini.

Tag : #viral    #tiktok    #merauke    #papua    #nasional   

Baca Juga