Kepala BPS menerangkan terkait sensus penduduk 2022

Sensus Penduduk Kembali Digelar pada 2022

rini | Nasional | 26-11-2021

PARBOABOA, Jakarta - Badan Pusat Stastistik (BPS) menginformasikan akan kembali menggelar sensus penduduk lanjutan pada tahun 2022 mendatang dengan metode long form.

Long form merupakan pembaharuan data penduduk dengan memberikan pertanyaan lebih mendalam kepada seluruh koresponden, agar kondisi nyata masyarakat dapat digambarkan dengan jelas. Sensus kali ini direncanakan akan dilakukan di 246 kabupaten/kota dan menyasar 4,3 juta keluarga di seluruh Indonesia.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan data penduduk yang akan disurvei yaitu karakteristik penduduk, migrasi, pendidikan, komunikasi, disabilitas, ketenagakerjaan, fertilitas, moralitas serta perumahan.

Secara perinci, nantinya akan terdapat 83 pertanyaan untuk parameter demografi, 18 pertanyaan untuk indikator SDGs dan RPJMN migrasi atau mobilitas, empat pertanyaan untuk pendidikan dan komunikasi, serta lima pertanyaan terkait ketenagakerjaan.

Dengan metode ini, ia menekankan BPS bisa melihat karakteristik masyarakat dalam jangka panjang. Maka data yang didapatkan bisa digunakan dalam waktu lama.

"Parameter demografi ini bisa kita manfaatkan untuk melakukan proyeksi penduduk secara valid sehingga kita bisa membayangkan komposisi penduduk dalam 20 tahun ke depan seperti apa," jelasnya.

Tujuan Pelaksanaan Sensus

Adapun tujuan dari pelaksanaan sensus ini adalah untuk memperkirakan jumlah, distribusi dan komposisi penduduk, serta memperoleh data untuk penghitungan parameter demografi (kelahiran, kematian, dan migrasi).

Kemudian, sumber data dari indikator angka kematian ibu, memperbarui data yang akan digunakan dalam penghitungan proyeksi penduduk, menyediakan data karakteristik penduduk dan perumahan, serta menjadi sumber data dari indikator kependudukan untuk SDGs yang tidak dapat diperoleh dari sumber lain.

Adapun sensus penduduk lanjutan ini akan dipersiapkan mulai Januari-April 2022, yang kemudian berjalan pada Mei-Juni 2022, sementara evaluasi dan penghitungan data dilakukan pada Juli-November 2022.

Tag : #sensus penduduk    #badan pusat statistik    #sensus pensusuk 2022    #nasional   

Baca Juga