Petugas Damkar DKI berupaya padamkan kebakaran di Cahaya Swalayan Cilandak KKO, Jakarta Selatan.

Setelah 5 Jam Kerahkan 25 Mobil Pemadam, Damkar Berhasil padamkan Kebakaran Pasar Swalayan di Cilandak KKO

Maraden | Nasional | 22-09-2021

PARBOABOA, Jakarta – Kebakaran hebat melanda pasar swalayan Cahaya Swalayan di Jalan Cilandak KKO, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Selasa (21/9/2021) malam. Sebanyak 25 unit mobil Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) DKI Jakarta dikerahkan untuk memadamkan kebakaran itu.

DPKP DKI Jakarta juga mengerahkan sekitar 120 personel damkar dan unti mobil Bronto Skylift untuk upaya pemadaman api yang melahap toko swalayan dan juga beberapa toko lainnya itu.

Api mulai melahap bangunan di kompek pertokoan itu sekitar pukul 19:00 dan dengan cepat membesar hingga ke lantai atas. Petugas pemadam yang berhasil masuk ke lantai dasar Cahaya Swalayan berrhasil memadamkan api pada lantai dasar sekitar pukul 22:00 WIB. Namun api masih menyala pada lantai atas bangunan tersebut.

Petugas damkar kemudian berhasil memadamkan api setelah berjibaku selama lebih dari lima jam lamanya. Api baru bisa dijinakkan pada sekita pukul satu malam.

Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Mulat Wijayanto dalam keterangan tertulis mengatakan pihaknya mengerahkan potensi pemadaman kebakaran dari tiga kota yaitu Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur. Penanganan selesai pukul 01.51 WIB, 22 September 2021.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu.  Kondisi tersebut dipastikan setelah proses pemadaman selesai.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Azis Andriansyah mengatakan, pihaknya juga tak menerima laporan adanya korban jiwa hingga Rabu dini hari. Meski demikian, polisi akan tetap memastikan adanya korban jiwa maupun luka.

“Yang berikutnya kita akan mencari tahu saksi-saksi sambil menanyakan apakah ada korban jiwa. Sampai saat ini tidak ada keterangan bahwa ada korban jiwa,” kata Azis saat ditemui di lokasi kebakaran, Rabu dini hari (22/09/2021)

Azis mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Laboratorium Forensik Mabes Polri telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada Rabu pagi guna memastikan penyebab kebakaran Cahaya Swalayan itu.

Dalam olah TKP, Seorang warga sekitar mengatakan api tiba-tiba api menyala dari lantai satu pasar swalayan dan asap langsung membumbung tinggi. Ia tak tahu pasti penyebab kebakaran. Sementara telihat bebrapa pegawai pasar swalayan itu langsung menyelamatakna diri berlarian keluar dari pasar swalayan itu.

“Kita akan segera melakukan status quo yaitu setelah api benar-benar dinyatakan telah padam, baru kita akan melakukan penyelidikan maupun penyidikan dengan diawali status quo atau menutup TKP,” pungkas Azis.

Tag : #nasional    #kebakaran di cilandak kko    #cahaya swalayan terbakar    #dinas penanggulangan kebakaran    

Baca Juga