Sirkuit Sachsenring dengan lintasan trek terpendek (Foto: Autoclassmagazine)

5 Sirkuit MotoGP 2022 dengan Lintasan Terpendek, Salah Satunya Dijagoi Marq Marquez

Wulan | Olahraga | 23-11-2022

PARBOABOA - Mengacu pada kalender MotoGP 2022, tahun ini akan menjadi musim dengan balapan terpanjang. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, akan ada 21 Grand Prix yang dijadwalkan sepanjang Maret hingga November.

Diketahui, tahun ini juga tidak mengadakan jadwal balapan back-to-back. Sehingga semuanya akan diselenggarakan di sirkuit yang berbeda.

Di antara sirkuit tersebut, ada beberapa sirkuit yang bisa dikategorikan sebagai sirkuit MotoGP dengan lintasan terpendek. Apa dan dimana ya kira-kira? Yuk scroll down!

1. Sirkuit Sachsenring (3,7 km)

Sirkuit dengan lintasan terpendek pertama di gelaran MotoGP 2022 adalah Sachsenring. Sirkuit yang berada di Jerman ini memiliki pajang lintasan 3,7 km atau tepatnya 3.761 meter, dengan trek lurus terpanjangnya mencapai 700 meter.

Selain terpendek, sirkuit ini juga salah satu yang berkarakter lambat. Sachsenring memiliki 13 tikungan, dengan 10 tikungan ke kiri dan 3 tikungan ke kanan. Sirkuit yang sudah menggelar MotoGP sejak 1961 ini memiliki lebar 12 meter.

Adapun pembalap yang sangat identik dengan sirkuit ini adalah Marc Marquez. Karena memiliki putaran berlawanan arah jam (anticlockwise), sirkuit ini jadi salah satu favorit sang baby alien. Pembalap Repsol Honda memegang rekor putaran tercepat (all time lap record) pada 2019 dengan waktu 1 menit 20,195 detik.

Marc Marquez pula pembalap yang paling banyak menang di sini. Ia bisa mengumpulkan 8 kali kemenangan. Bahkan, saat dia belum pulih sepenuhnya dari cedera, ia bisa menang di sirkuit ini pada 2021 lalu.

2. Sirkuit Ricardo Tormo (4 km)

Sirkuit Ricardo Tormo, biasa juga disebut sebagai Sirkuit Valencia, memiliki panjang lintasan 4 km atau tepatnya 4.005 meter. Trek lurus terpanjangnya mencapai 876 meter.

Sirkuit yang terletak di Spanyol ini memiliki total 14 tikungan, dengan rincian 9 tikungan ke kiri dan 5 tikungan ke kanan. Lebar lintasannya sekitar 12 meter.

Jorge Lorenzo masih tercatat sebagai pembalap pemegang all time lap record. Ia meraihnya bersama Yamaha pada tahun 2016 dengan catatan waktu 1 menit 29,401 detik.

Selain itu, Lorenzo juga masih menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak di sirkuit ini. Ia berbagi dengan Dani Pedrosa yang sama-sama memenangi 4 kali balapan.

3. Panjang Le Mans (4,2 km)

Panjang lintasan Sirkuit Le Mans sekitar 4,2 km atau tepatnya 4.185 meter, dengan trek lurus terpanjang yang mencapai 674 meter. Sirkuit ini total memiliki 14 tikungan, dengan 5 tikungan ke kiri dan 9 tikungan ke kanan. Lebar lintasannya sekitar 13 meter.

Pemegang all time lap record di sirkuit yang terletak di Prancis ini adalah juga pembalap Prancis. Johann Zarco saat masih bersama KTM pada 2018 mencatatkan putaran tercepat dengan waktu 1 menit 31,185 detik.

Sementara itu, Jorge Lorenzo menjadi pembalap yang paling banyak menang di sini dengan 5 kali juara.

4. Sirkuit Misano World Circuit Marco Simoncelli (4,2 km)

Panjang lintasan di Sirkuit Misano sekitar 4,2 km atau tepatnya 4.200 meter. Panjang trek lurus terpanjangnya hanya 530 meter, salah satu yang terpendek di daftar sirkuit tempat penyelenggaraan MotoGP tahun ini.

Terletak di Italia, Sirkuit Misano memiliki total 16 tikungan, dengan 6 tikungan ke kiri dan 10 tikungan ke kanan. Lebar lintasannya mencapai 12 meter.

Francesco Bagnaia menjadi pembalap dengan rekor putaran terbaik. Pada musim 2021, dengan Ducati-nya ia mencatatkan waktu 1 menit 31,065 detik.

Sementara itu, pemenang terbanyak di sini adalah Marc Marquez dengan 4 kali kemenangan.

5. Sirkuit Red Bull Ring – Spielberg (4,3 km)

Sirkuit Red Bull Ring menjadi salah satu sirkuit yang memiliki lintasan terpendek di antara sirkuit lainnya yang menyelenggarakan MotoGP musim ini. Panjang lintasannya sekitar 4,3 km atau 4.318 meter, dengan trek lurus terpanjang yang mencapai 626 meter.

Terletak di Austria, Sirkuit Red Bull Ring memiliki total 10 tikungan, dengan 3 tikungan ke kiri dan 7 tikungan ke kanan. Lebar lintasannya sekitar 13 meter.

Pemegang all time lap record di sirkuit ini adalah pembalap Ducati dari Pramac Racing, Jorge Martin. Di tahun debutnya pada 2021, ia bisa catatkan waktu tercepat: 1 menit 22,643 detik.

Sementara untuk pembalap dengan kemenangan terbanyak adalah Andrea Dovizioso yang bisa raih 2 kali juara.

Itulah 5 sirkuit dengan lintasan terpendek di kalender balap musim ini. Ukuran panjang sirkuit bukanlah alasan apakah sebuah balapan MotoGP akan berlangsung seru atau tidak. Setiap sirkuit punya karakteristiknya sendiri. Itulah yang membuat balapan menjadi menarik.

Tag : #terpendek    #motogp    #olahraga    #sirkuit    #lintasan motogp terpendek    #sachsenring    #racardo tomo    #le mans   

Baca Juga