Suasana Malam Perayaan Imlek di Vihara Terbesar di Indonesia, Ramai Penuh Sukacita

Ari Bowo | Nasional | 22-01-2023

Suasana perayaan malam Imlek di Maha Vihara Maitreya, Sabtu (21/1/2023) malam. Pada tahun ini perayaan Imlek lebih ramai dibandingkan tahun sebelumnya.. (Foto: Parboaboa/Ari Wibowo)

PARBOABOA, Medan - Suasana malam perayaan Hari Raya Imlek di Maha Vihara Maitreya di Komplek Cemara Asri, Deli Serdang, Sabtu (21/1/2023) malam penuh sukacita.

Ratusan Umat Buddha datang berbondong-bondong dengan membawa keluarga ke Vihara terbesar di Indonesia untuk melakukan sembahyang saat malam perayaan Imlek.

Perayaan Imlek pada tahun ini memang terlihat penuh sukacita. Pasalnya dua tahun sebelumnya, perayaan Imlek dalam suasana pandemi COVID-19.

Dekorasi Maha Vihara Maitreya juga begitu indah dengan adanya seribu lampion yang menghiasi bagian pelataran Vihara.

Selain itu di depan pintu masuk menuju Vihara, terpasang patung kelinci dengan tinggi sekitar tiga meter, menambahkan keindahan perayaan Imlek di Maha Vihara Maitreya.

Tak sedikit warga yang datang lalu menyempatkan diri untuk swafoto di depan patung kelinci.

"Perayaan Imlek tahun ini memang lebih semarak dibandingkan tahun sebelumnya, karena pandemi juga sudah berakhir. Harapan kita agar lebih baik ke depannya," kata Yansen salah seorang warga Medan yang datang sembahyang ke Maha Vihara Maitreya bersama keluarganya.

Amatan Parboaboa di lokasi, pihak kepolisian berjaga melakukan pengamanan di Vihara. Pengamanan ini dilakukan agar pelaksanaan ibadah Imlek berlangsung aman dan nyaman.

"Imlek tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena PPKM sudah dicabut. Kita harapkan umat Buddha semakin ramai beribadah. Kalau tahun sebelumnya, dekorasinya minim," kata Dicky salah seorang pengurus Maha Vihara Maitreya kepada Parboaboa.

Ia mengatakan pada tahun ini perayaan Imlek di Maha Vihara Maitreya akan berlangsung lebih meriah. Hal ini terlihat dari dekorasi yang dipasang di vihara, dan berbagai acara mulai dari Barongsai, Festival Tionghoa, Photo booth dan lainnya.

"Tahun ini kita adakan lagi acara Cap Go Meh kemudian ada bazar," ungkapnya.

Dicky menyampaikan, pihaknya menyiapkan 1.000 lebih lampion untuk menyemarakkan Hari Raya Imlek.

"Untuk pernak-pernik lampion kita menyiapkan 1.000 an," ungkapnya.

Lebih lanjut Dicky menjelaskan, estimasi umat Buddha yang akan hadir dalam Perayaan Imlek di Maha Vihara Maitreya mencapai puluhan ribu.

"Untuk persiapan hari ini kita sudah melakukan pembersihan vihara, dan pemasangan dekorasi Imlek," ungkapnya.

Pada Imlek tahun 2023 ini, Maha Vihara Maitreya mengambil tema 'Doa untuk Perdamaian Dunia'. 

"Jadi orang yang datang bisa berpartisipasi, berdoa dalam perdamaian dunia," pungkasnya.

Tag : #imlek    #maha vihara maitreya    #nasional    #buddha    #cap go mrh    #doa perdamaian dunia    #lampion    #covid19    #ppkm   

Baca Juga