Puluhan rumah di Desa Simataniari, Kabupaten Tapsel terendam air akibatnya meluapnya Sungai Batang Toru. (Foto: istimewa)

Sungai yang ada di Tapanuli Selatan Meluap Hingga Terjadi Banjir

Martha | Daerah | 17-12-2021

PARBOABOA, Tapsel – Kabupaten Tapanuli Selatan terjadi banjir hingga merendam puluhan rumah warga. Peristiwa tersebut terjadi akibat luapan Sungai Batang Toru pada, Kamis (16/12) pagi.

Rumah warga yang terendam oleh air sungai berada di Dusun II Muara Pardomuan dan Dusun III Setia Budi, Simataniari, Kecamatan Angkola Sangkunur.

Kepala Desa Simataniari Habibullah mengatakan bahwa air sungai mulai naik dan merendam rumah warga pada subuh pagi. Sejauh ini ketinggian banjir sudah mencapai satu meter. Bukan hanya merendam rumah warga, banjir ini juga merendam sejumlah sekolah yang ada disana yaitu SD Negeri Tindoan Laut dan SMP Negeri 2.

Akibat air banjir merendam sekolah para siswa dan guru pun tidak dapat menjalankan proses belajar mengajar.

Dilaporkan hingga saat ini tidak ada korban jiwa. Hanya saja air semakin naik akibat terjadinya hujan tadi malam.

Habibullah mengatakan banjir makin parah diakibatkan Sungai Sungkunur juga ikut meluap.

Badan Meteorologi, Klimagologi dan Geofisika (BMKG) Sumut mengingatkan agar sejumlah wilayah yang ada di Tapsel berpotensi dilanda hujan dengan intensitas tinggi. Potensi cuaca ekstrem itu dapat terjadi seperti di wilayah SD. Hole, Muara Batang Toru, Batang Toru, Angkola Barat, Marancar, Sipirok, dan Angkola Timur yang sejumlah besar berlokasi di hulu Angkola Sangkunur, yang saat ini mengalami banjir.

Tag : #banjir    #banjir tapanuli selatan    #sungai batang toru   

Baca Juga