Tanah Longsor Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Status Darurat

Maharani | Internasional | 28-11-2022

Sebuah kendaraan terseret tanah longsor hingga ke bibir pantai di Ischia, Italia, (27/11/2022). (Foto: AFP/Ansa)

PARBOABOA, Jakarta – Italia mengumumkan situasi darurat di pulau selatan Ischia setelah terjadi bencana tanah longsor yang menewaskan sedikitnya 7 orang, dan 5 orang dilaporkan hilang pada Minggu (27/11/2022).

Seperti dilansir dari AFP, Senin (28/11/2022), tanah longsor ini menghantam kota kecil Casamicciola Terme, Provinsi Napoli, Italia.

“Jumlah korban tanah longsor di Casamicciola telah meningkat menjadi 7 orang tewas, sementara 5 orang hilang,” kata Prefek Naples Claudio Palomba.

Selain itu, terdapat 4 korban luka-luka. Lalu, ada 167 warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Sebanyak 200 orang tim penyelamat diterjunkan untuk mencari korban akibat tanah longsor itu. Serta ratusan relawan yang ikut membantu untuk membersihkan jalan-jalan kota yang penuh dengan lumpur.

Menteri Perlindungan Sipil Italia Nello Musumeci mengatakan rapat kabinet darurat menyatakan situasi darurat atas bencana ini. Menurutnya, bantuan pertama yang akan dikeluarkan sebesar USD2 juta.

Sebelumnya telah terjadi hujan lebat sekitar 126 milimeter dalam enam jam yang memicu terjadinya tanah longsor itu.

Tanah longsor tersebut menyebabkan pohon-pohon tumbang, mobil-mobil rusak, terdapat batu-batu besar yang berserakan, serta lumpur dan puing-puing bangunan yang juga menghalangi jalan. Dilaporkan, tanah longsor itu juga menimbun 1 rumah dan menghanyutkan 2 mobil hingga ke laut.

Sebagai informasi, Ischia adalah pulau vulkanik di Laut Tyrrhenia yang terletak di Provinsi Napoli, Italia Selatan, yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Ibu Kota Napoli, Naples.

Tag : #italia    #tanah longsor    #internasional    #korban meninggal    #status darurat    #ischia    #casamicciola terme    #napoli   

Baca Juga