Ilustrasi filter oli mobil (Dok: lifepal.co.id)

Tanda-Tanda Filter Oli Mobil yang Harus Diganti, Apa Saja?

Dimas | Otomotif | 11-07-2022

PARBOABOA – Filter oli merupakan salah satu komponen yang berfungsi untuk membersihkan oli sebelum disalurkan ke semua komponen internal mesin. Dengan adanya komponen ini, benda asing seperti debu, metal, dan jelaga dapat disaring sehingga kelancaran kerja mesin tidak akan terganggu

Namun demikian, ada kalanya filter oli pada mesin harus diganti karena sudah telalu penuh oleh endapan kotoran. Umumnya, ketika filter oli sudah minta diganti, akan muncul beberapa tanda-tanda berikut pada mobil Anda.

1. Performa Mesin Menurun

Jika filter oli bermasalah, maka pelumasan pada mesin menjadi tidak sempurna. Akibatnya, kinerja mesin akan menjadi tersendat dan berujung pada menurunnya performa mesin mobil.

Ketika mobil mengalami masalah di atas, hal itu bisa dianggap sebagai suatu tanda-tanda filter oli perlu diganti.

2. Menurunnya Tekanan Oli

Tekanan oli mesin dapat dengan mudah dilihat dari pengukur tekanan yang berada di dashboard mobil. Dalam kondisi normal, biasanya indikator pada pengukur tekanan oli akan berada di angka 1.0 sampai dengan 2.0.

Namun, jika alat pengukuran memperlihatkan tekanan oli mesin di bawah angka 1.0, maka kemungkinan besar terdapat masalah pada filter oli.

3. Muncul Bunyi Gesekan Logam

Filter oli yang tersumbat akan memasok lebih sedikit oli pada mesin. Ketika pasokan oli berkurang, maka akan terdengar bunyi gesekan logam yang kerasa dan kasar.

Bunyi gesekan tersebut, menjadi salah satu tanda bahwa filter oli harus segera diganti agar aliran oli ke bagian internal mesin bisa kembali lancar.

4. Mesin Mudah Panas

Kondisi filter oli yang buruk akan berpengaruh negatif pada suplai oli yang diterima oleh mesin mobil. jika semakin sedikit oli yang masuk ke mesin mobil, maka mesin semakin tidak menerima pelumasan untuk mencegah gesekan antar komponen yang bergerak.

Gesekan-gesekan dari komponen yang saling bergerak dan terbuat dari bahan logam ini dapat menghasilkan panas dengan cepat. Jika panas ini tidak dapat didinginkan dengan oli, maka bisa menyebabkan mesin terlalu panas.  

Tips memilih Filter Oli

Setelah mengetahui tanda-tanda filter oli yang harus segera diganti, maka para pemilik mobil juga wajib mengetahui cara memilih filter oli yang tepat sebelum melakukan pergantian komponen tersebut.

Berikut ini Parboaboa telah merangkum beberapa cara memilih filter oli yang tepat pada mobil, di antaranya:

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Jenis filter oli memang sangat banyak tersedia di pasaran. Namun sebelum membelinya, Anda tentu harus menyesuaikannya dengan tipe mobil yang Anda miliki.

Pasalnya, jika filter oli tidak sesuai dengan tipe mobil, maka filter oli tidak akan bekerja secara maksimal dan akan menyebabkan menurunnya perfoma mesin mobil.

2. Cek Diameter dan Ulir

Sebelum mengganti filter oli, pastikan Anda memilih ulir serta diameter lubang yang sesuai dengan tipe mobil Anda.

Sebab, jika ulir serta diameternya tidak sesuai, maka posisi filter oli tidak akan kencang. Hal ini dapat berujung pada oli mobil yang merembes dan kemudian merusak komponen mobil lainnya.

3. Cek Katup Bypass dan Anti Balik

Mengecek katup bypass menjadi salah satu hal penting yang wajib dilakukan sebelum mengganti filter oli baru. Pasalnya, katup by-pass sendiri memiliki fungsi untuk melapangkan aliran oli jika terjadi penyumbatan pada filter oli.

Selain katup ini, Anda juga harus memastikan filter oli yang baru juga memiliki katup anti balik yang memiliki fungsi sebagai pegas untuk membuat oli tetap berada di dalam mesin ketika mobil tidak menyala.

Demikianlah seputar infomasi mengenai tanda-tanda filter oli mesin yang harus segera diganti. Jika mobil Anda mengalami tanda-tanda tersebut, segeralah bawa ke bengkel untuk melakukan penggantian. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #filter oli    #otomotif    #mesin mobil    #komponen mobil   

Baca Juga