Ilustrasi mesin mobil (Foto: Shutterstock)

Wajib Tahu! Berikut Tanda-tanda Mobil Sudah Pernah Turun Mesin

Juni | Otomotif | 19-11-2022

PARBOABOA – Kamu yang berniat membeli mobil bekas harus ekstra teliti agar tidak kecewa di kemudian hari. Hal penting yang juga perlu diketahui apakah mobil pernah mengalami turun mesin atau tidak.

Mobil yang sudah pernah turun mesin artinya pernah mengalami kerusakan yang cukup berat. Berikut dijelaskan beberapa tanda yang bisa diketahui untuk mengenali mobil sudah pernah turun mesin atau belum.

1. Terdapat Goresan di Lubang Baut Blok Mesin

Untuk memastikan mobil pernah turun mesin, kamu dapat mengecek bagian baut blok mesin. Jika terdapat goresan kecil, besar kemungkinan mobil pernah turun mesin. Goresan tersebut muncul karena mekanik bengkel membuka seluruh baut.

2. Terdapat Segel

Ciri berikutnya yang mudah dikenali adalah penggunaan segel atau seal silikon pada mesin mobil. Mesin mobil yang belum pernah turun mesin tidak akan menggunakan seal silikon.

Seal silikon terbuat dari material cair yang lama-kelamaan mengeras menjadi semacam karet. Bekas seal ini akan mudah dikenali karena memang terlihat berbeda dari komponen lain dalam mesin mobil.

3. Ruang Mesin Bersih

Ketika melihat kondisi mesin mobil sangat mulus dan bersih padahal usianya sudah cukup tua. Bisa jadi kondisi ruang mesin yang terlalu bersih lantaran mobil sudah pernah turun mesin.

Hal ini karena saat mobil melakukan overhaul, mesin akan diangkat untuk diperiksa dan diperbaiki. Saat perbaikan, ruang mesin juga harus dibersihkan.

4. Suara Mesin Berubah

Mobil yang sudah pernah mengalami turun mesin juga bisa terlihat dari suaranya. Kamu bisa mengajak mekanik berpengalaman untuk membedakan suara mesin normal dan yang sudah pernah mengalami turun mesin.

5. Performa Mesin Berubah

Selain suara, pertanda mobil mengalami turun mesin adalah performa mesin. Jika mobil bekas yang Anda beli berusia lebih dari lima tahun tapi performanya seperti baru, patut dicurigai pernah turun mesin.

Itulah tadi beberapa tanda mobil yang sudah pernah turun mesin. Pastikan Anda selalu mengecek keseluruhan kondisi mesin mobil agar tidak salah beli ya.

Tag : #mobil    #turun mesin    #otomotif    #mesin mobil    #perawatan mobil    #tips   

Baca Juga