Teknik Dasar Permainan Bola Basket (dok: sahabatnestle)

5 Teknik Dasar Permainan Bola Basket yang Harus Diketahui Pemula

Thoriq | Olahraga | 19-05-2022

PARBOABOA - Permainan bola basket merupakan olahraga yang sangat populer. LA Lakers, Boston Celtics, Golden State Warriors merupakan beberapa klub bola basket yang sangat terkenal di dunia. Permainan bola basket pertama kali dilaksanakan pada tahun 1895. Pertandingan ini mempertemukan antara dua perguruan tinggi Minnesota School of Agriculture dengan Hamline College.

Ketika kita ingin memainkan permainan bola basket, hal yang perlu kita perhatikan adalah teknik dasar dalam permainan bola basket. Hal ini merupakan suatu yang dasar untuk dipelajari, terutama bagi pemula dalam bermain basket. 

Teknik dasar permainan bola basket merupakan suatu keterampilan penting yang harus di miliki pemula, sebelum menjadi mahir. Keterampilan dari teknik dasar permainan bola basket perlu dilatih agar gerakan yang sebenarnya dapat dilakukan dengan tepat.

5 Teknik Dasar Permainan Bola Basket yang Harus Diketahui Pemula

1. Teknik Dasar Cara Memegang Bola Basket

Teknik ini merupakan teknik yang sangat dasar dalam permainan bola basket. Untuk memegang bola, kedua telapak tangan harus dibuka lebar seperti halnya memegang mangkok besar.

Setelah itu kedua telapak tangan berada di sisi kanan dan kiri bola serta agak condong ke belakang. Kemudian rentangkan semua jari-jari, dan lekatkan pada bagian tengah sisi kanan dan kiri bola. 

Kaki dibuka lebar serta posisikan salah satu kaki agak ke depan. Untuk badan sendiri agak sedikit condong ke depan dan lutut harus rileks. Teknik dasar permainan bola basket ini sebaiknya dikuasai terlebih dahulu sebelum menguasai teknik yang lainnya.

2.Teknik Dasar Permainan Bola Basket Catching atau Menangkap 

Teknik ini juga penting dalam permainan bola basket. Dikarenakan dalam permainan banyak melakukan aktivitas melempar dan juga menangkap bola. Teknik dasar permainan bola basket ini dapat dilakukan dengan meraih bola dengan telapak tangan yang terbuka lebar, serta jari-jari yang terentang. 

Ketika bola berada di telapak tangan, genggam bola tersebut dengan cara merentangkan jari tangan selebar mungkin, ke sisi bola sambil ditarik ke belakang mendekat ke badan.

3. Teknik Dasar Permainan Bola Basket Passing atau Mengirim 

Passing atau mengirim bola salah satu teknik dasar dalam permainan basket. Mengumpan atau mengoper kepada teman satu timnya. Pada umumnya, teknik passing pada umumnya adalah mengoper bola (tanpa menyentuh lantai) kepada teman satu timnya dengan menggunakan kedua tangan atau satu tangan.

Salah satu passing yang terkenal adalah chest pass atau operan yang dilakukan dari dada. Contoh melakukan chest pass yaitu, bola dipegang dengan menggunakan kedua tangan, kemudian posisikan telapak tangan menghadap ke depan. Lalu angkat bola dengan ketinggian hingga mencapai dada, lalu lemparkan lurus ke arah rekan setim.

4. Teknik Dasar Permainan Bola Basket Dribbling atau Menggiring

Drible adalah suatu kegiatan menggiring bola basket dengan cara memantulkannya ke lantai. Teknik ini dilakukan dengan memantulkan bola basket menggunakan satu tangan, kemudian kontrol bola menggunakan jari-jari tangan, agar tidak bergerak tanpa terkendali. Pada saat menggiring bola, manfaatkan kedua tangan. Agar bola tidak mudah direbut oleh tim lawan.

5. Teknik Dasar Permainan Bola Basket Shooting atau Menembak

Teknik dasar menembak bola dalam permainan bola basket disebut juga sebagai teknik shooting. Pada permainan bola basket dapat memenangkan permainan dengan cara memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Secara pengertian, teknik dasar untuk menembak bola dalam permainan basket adalah gerakan untuk menciptakan angka skor dalam permainan basket. 

Oleh karena itu teknik dasar ini perlu dipelajari, agar dapat memenangkan pertandingan dengan mudah. Teknik dasar menembak bola dalam permainan bola basket disebut juga teknik yang memerlukan waktu untuk mempelajarinya. Pasalnya semakin sering melakukan teknik ini, maka akan menambah tingkat kemahiran dalam melakukan shooting.

Teknik ini dapat dilakukan dengan cara fokuskan kepada target dan perkirakan jaraknya.

1. Rentangkan kaki, punggung bahu dan siku

2. Lenturkan pinggang dan jari-jari ke depan

3. Tembakkan bola dengan kedua kaki menapak dan sedikit menjinjit

4. Lepaskan bola dengan rileks dan mengikuti arah bola

Teknik dasar permainan bola basket meliputi teknik dasar memegang bola, menangkap bola, mengirim bola, menggiring bola, dan juga teknik dasar menembak bola perlu diketahui oleh pemula. Dengan menguasai teknik dasar ini, tentu akan mempermudah kita di dalam permainan bola basket.

Tag : #Bola basket    #pecinta basket    #olahraga    #bostonceltics    #teknik serangan    #belajar basket    #bermain basket   

Baca Juga