Ilustrasi

Tips Mengatasi HP Android yang Bootloop

Wanovy | Teknologi | 22-10-2021

Bootloop adalah keadaan ketika ponsel tidak dapat masuk ke sistem dan berhenti berproses. Hal tersebut banyak terjadi pada pengguna smartphone.

Bootloop sendiri diambil dari kata bahasa Inggris 'boot' dan 'loop'. Boot sering diartikan suatu keadaan di mana ponsel bersiap untuk menyala secara sempurna. Sedangkan kata loop memiliki arti berulang.

Jika perangkat Android mengalami bootloop, jangan panik apalagi menangis. Jangan buru-buru ke counter handphone dan membayar ratusan ribu, karena Anda pasti bisa kok mengatasi bootloop seorang diri.

Beberapa penyebab bootloop di HP Android adalah gangguan pada file sistem yang membuat ponsel tidak bisa berjalan dengan stabil, kerusakan pada file aplikasi, adanya virus, malware, masalah instalasi, memakai ROM yang tidak tepat, dan sebagainya.

Bootloop juga bisa disebabkan oleh modifikasi sistem yang berlebihan, atau masalah yang ditimbulkan oleh smartphone itu sendiri.

Biasanya ciri-ciri bootloop ditandai dengan adanya logo atau merek ponsel Android yang selalu muncul di tampilan layar smartphone. Ponsel juga akan terus melakukan rebooting secara berulang.

Untuk diketahui, bootloop terdiri dua macam yang dibedakan atas tingkat kerusakannya. Pertama ialah light bootloop atau bootloop ringan. Biasanya bootloop ini hanya bersifat sementara, kadang-kadang saja kumatnya. Kedua, hard bootloop atau bootloop parah yang ditandai dengan kegagalan masuk ke sistem secara permanen walaupun sudah dicoba berulang kali.

Lantas bagaimana cara mengatasi Hp yang bootloop? Berikut adalah panduan lengkapnya:

1. Restart HP

Langkah pertama saat HP bootloop adalah melakukan restart. Cara ini biasanya berhasil ketika HP mengalami light bootloop. Anda perlu mematikan HP dengan menekan tombol power selama beberapa saat.

Setelah HP mati, lepas baterai (kecuali HP baterai tanam), kartu SIM, dan kartu memori. Selanjutnya, silakan pasang kembali beberapa item yang sebelumnya dilepas. Terakhir, silahkan coba nyalakan HP. Kalau ternyata HP bisa booting dan masuk ke sistem Android, kemungkinan besar permasalahannya hanyalah bootloop ringan saja.

2. Hapus Cache Partition

Menghapus (wipe) Cache Partition merupakan salah satu cara untuk mengatasi bootloop, tanpa perlu takut kehilangan seluruh data yang tersimpan di smartphone Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke menu Recovery Mode, pilih "Wipe Cache Partition", lalu klik "Yes". Perlu diingat, cara untuk masuk ke menu Recovery Mode biasanya berbeda tergantung dari masing-masing HP Android.

3. Flashing ROM

Flash adalah cara paling ampuh untuk mengatasi HP yang bootloop. Cara ini bisa dikatakan cara pamungkas yang sering dilakukan jika cara-cara di atas tidak berhasil.

Jika Anda sudah memasang CWM/TWRP permanen di HP Android, bisa melakukan flashing ROM melalui HP. Tetapi, jika HP belum terpasang fitur tersebut,  harus menggunakan PC.

Hal paling penting yang harus diperhatikan ketika flashing ROM adalah memilih firmware yang tepat. Jika firmware tidak sesuai dengan HP, proses flashing tidak akan berhasil atau HP akan tetap bootloop.

4. Factory Reset

Pertama, masuk ke menu "Recovery Mode" smartphone Anda, lalu pilih opsi "Wipe Data/Factory Reset" kemudian klik tombol "Yes".

Selanjutnya, pilih "Delete All User Data", lalu tekan tombol "Power". Jika sudah, smartphone Anda akan restart secara otomatis.

Apabila smartphone Anda tidak me-restart secara otomatis, arahkan kursor ke opsi "Reboot System Now" dan tekan tombol "Power". Selanjutnya, tunggu hingga smartphone Anda menyala seperti semula.

Itulah tips mengatasi HP Android yang mengalami bootloop. Selamat mencoba!

Tag : teknologi, tips, gadget, android, bootloop

Berita Terkait