Wacana penggantian PNS dengan robot

Wacana PNS Diganti Robot, Upaya Percepatan Pelayanan Publik dan Pemangkasan PNS

rini | Nasional | 30-11-2021

PARBOABOA, Jakarta - Wacana pegawai negeri sipil (PNS) akan digantikan oleh robot artificial intelligence (AI) menarik perhatian masyarakat Indonesia beberapa hari terakhir. Penggunaan robot ini digadang-gadang akan memberikan pelayanan publik yang cepat.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengatakan jumlah PNS akan dikurangi secara bertahap dan digantikan dengan robot.

"Jadi, ke depannya pemerintah akan menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan kepada publik. Jumlah PNS tidak akan gemuk dan akan dikurangi secara bertahap," kata Satya dikutip dari Republika, Selasa (30/11).

Meski robot akan mulai digunakan, bukan berarti seluruh PNS akan diberhentikan. Namun akan dilakukan kolaborasi antara teknologi dan SDM.

"Banyak sekali saat ini pelayanan publik yang tidak membutuhkan tatap muka, tapi menggunakan aplikasi. Publik yang meminta layanan dapat mengunggah dokumen digital sebagai syarat administratif, dan jika memenuhi syarat maka dokumen yang diminta dapat diunduh setelah diterbitkan oleh kementerian/lembaga terkait," jelasnya.

Satya menyebutkan upaya digitalisasi telah dilakukan pemerintah sejak beberapa tahun terakhir, terutama pada kondisi pandemi saat ini penggunaan teknologi harus dipercepat.

Terlebih lagi jika melihat data PNS yang ada saat ini, jumlah PNS semakin menurun jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Penurunan ini terjadi karena jumlah PNS yang direkrut tidak sebanyak PNS yang pensiun. Sehingga jabatan yang kosong dapat digantikan dengan penggunaan teknologi robot dan digitalisasi pelayanan publik.

"Pekerjaan yang sifatnya administratif, rutinitas dan repetitif serta memiliki prosedur operasi standar yang jelas, menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku dapat digantikan dengan teknologi," ungkap Satya.

Saat ini dengan pelaksanaan reformasi birokrasi, jabatan Eselon 4 dan 3 sudah dihapuskan, diganti dengan pejabat fungsional. Formasi ini diharapkan dapat membuat PNS bekerja lebih efektif dan efisien dalam melaksanakan pelayanan, serta tugas dan fungsinya.

Tag : #pns    #pns diganti robot    #digitalisasi pelayanan publik    #teknologi    #nasional   

Baca Juga