Resmi Dilepas, Xavi Hernandes Akan Latih Barcelona

Resmi Dilepas, Xavi Hernandes Akan Latih Barcelona

Sondang | Olahraga | 05-11-2021

PARBOABOA, Jakarta – Xavi kini resmi menjadi pelatih baru bagi Barcelona. Sempat menolak, Al Sadd akhirnya melepaskan Xavi Hernandes. Hal itu diumumkan oleh Presiden Al Sadd, Turki Al-Ali melalui akun twitter resmi klubnya.

Mereka menyatakan bahwa Barca membayar klausa pemutusan kontrak pelatih berusia 41 tahun itu, tetapi tak menyebutkan berapa besaran klausa. Namun, mereka juga sepakat untuk terus melakukan kerjasama dengan Barcelona di masa depan.

Media-media Spanyol menyebutkan dua versi klausa pemutusan kontrak Xavi. Menurut Marca, Al Sadd dalam negosiasi Kamis kemarin meminta Barca untuk membayar sebesar 5 juta euro atau sekitar Rp 82,9 miliar.

Nilai itu lebih kecil dari klausa pemutusan dalam kontrak Xavi sebenarnya. Seharusnya, jika merujuk pada kontrak itu, Barcelona disebut harus membayar sebesar 10 juta euro atau sekitar Rp 165,8 miliar.

Kepastian itu membuat Xavi mengakhiri petualangannya di Liga Qatar selama enam tahun. Dia sempat bermain selama empat tahun di sana sebelum akhirnya menjadi pelatih sejak 2019.

Sebagai pemain, Xavi ikut mempersembahkan empat trofi untuk Al Sadd. Sebagai pelatih, hingga saat ini dia telah mempersembahkan tujuh trofi dalam dua tahun. 

Resmi menjadi pelatih, Xavi Hernandez akan segera menghadapi tantangan di Barcelona. Barcelona telah mengalami beberapa bulan yang sulit, perginya Lionel Messi saat bursa transfer musim panas dan terdepak dari empat besar. Itu tentu tugas yang tidak mudah.

Barcelona sebenarnya telah mendatangan sejumlah pemain, termasuk Memphis Depay dan Sergio Aguero. Tapi cedera menghalangi mereka tampil dalam performa terbaik. Alhasil, pemain-pemain muda seperti Gavi dan Nico mendapat kesempatan tampil.

Saat ini, Barcelona bercokol di urutan kesembilan La Liga dan berisiko terlempar dari Liga Champions. Asa di Liga Champions masih ada bila Barcelona memenangkan laga krusial melawna Benfica setelah jeda internasional.

Sementara di La Liga, Celta Vigo sudah siap menjadi lawan Barcelona. Blaugrana tentu perlu 3 poin bila ingin tetap berada pada perburuan gelar musim ini.

Tag : olahraga, barcelona, xavi hernandes, al sadd, liga spanyol

Berita Terkait