Yili Group mendirikan pabrik es krim di Indonesia (dok Yili Indonesia Dairy)

Yili Group Resmikan Pabrik Es Krim Terbesar di Indonesia

Rini | Ekonomi | 11-12-2021

PARBOABOA, Jawa Barat - Yili Group yang merupakan perusahaan produsen susu terbesar di Asia, mendirikan sebuah pabrik es krim di Indonesia. Pabrik yang didirikan di Kawasan Industri Deltamas, Cikarang, Jawa Barat tersebut didirikan untuk menghadirkan produk olahan susu berkualitas untuk masyarakat Indonesia.

Pabrik tersebut akan dikelola oleh PT Yili Indonesia Dairy (anak perusahaan Yili Group) dengan merek JoyDay. Ditargetkan perusahaan tersebut mampu memproduksi 159 ton es krim per hari.

Peresmian pabrik yang dilakukan pada Jumat (10/12) merupakan langkah awal dari investasi dan kerja sama antara Yili Group dan Indonesia, dimana pabrik tersebut dapat membuka lapangan kerja baru bagi setidaknya 5.000 orang.

"Hadirnya Pabrik Yili Indonesia Dairy diproyeksikan akan membuka lebih dari 5,000 lapangan pekerjaan baru secara langsung maupun tidak langsung. PT Yili Indonesia Dairy juga akan memperluas kerja sama dan berkomitmen untuk menggunakan bahan baku lokal dari seluruh distributor di Indonesia," kata Presiden Direktur PT Yili Indonesia Dairy, Yu Miao.

Pabrik es krim tersebut berdiri di lahan seluas 17 hektar, dan bernilai hingga Rp 2 trilun tersebut, menggunakan fasilitas produksi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Hal tersebut dibuktikan dengan tersedianya sistem pengolahan air limbah daur ulang dalam pabrik Yili Indonesia Dairy. Sistem ini membantu pabrik menghemat hingga 4.000 ton air per tahun.

"Pabrik ini juga menggunakan mesin yang hemat energi dan berefisiensi tinggi, serta boiler gas alam yang dapat memangkas konsumsi listrik sebesar 1,21 juta kilowatt-jam per tahun dan memangkas emisi karbon dioksida sebesar 8.029 ton per tahun," ujar Yu Miao.

Es krim JoyDay sebenarnya sudah beredar di Indonesia sejak tahun 2018 di Indonesia. Es krim tersebut telah menerima sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Bahkan pada bulan Juni 2021 lalu, produk tersebut telah mendapat pengharggan “2021 Brand Choice Award” dari InfoBrand, sebuah otoritas riset merek di Indonesia sebagai es krim pilihan konsumen berdasarkan aspek: Brand Awareness, Brand Choice dan Brand Reviews & Ratings.

Nantinya produk hasil produksi pabrik tersebut akan di ekspor ke sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, dan Myanmar.

Tag : #yili group    #es krim joyday    #peresmian pabrik es krim joy day    #pabrik es krim    #ekonomi   

Baca Juga