Tim Hinda Belanda (Indonesia) saat mengikuti Piala Dunia 1938 (Foto: AFP Photo/STAFF)

2 Rekor Indonesia di Piala Dunia, Salah Satunya Sulit Untuk Dipecahkan

Michael | Sepakbola | 25-07-2022

PARBOABOA – Indonesia mempunyai 2 rekor di kompetisi Piala Dunia, yang mana salah satunya akan sulit dipecahkan tim mana pun.

Jika membicarakan perwakilan Piala Dunia dari Asia, maka ada empat negara yang akan selalu muncul di pikiran banyak orang.

Hal itu tak bisa dilepaskan dari betapa seringnya keempat negara tersebut, yaitu Timnas Korea Selatan, Timnas Jepang, Timnas Arab Saudi, dan Timnas Iran menjadi perwakilan Asia di ajang Piala Dunia.

Korea Selatan sudah 10 kali berpartisipasi, disusul oleh Jepang dengan 7 kali ikut serta. Adapun Arab Saudi dan Iran, masing-masing sudah enam kali tampil di kompetisi Piala Dunia.

Namun, keempat negara tersebut sebenarnya tampil di Piala Dunia setelah Indonesia melakukan debut di Piala Dunia pada tahun 1938.

Benar, negara kita tercinta adalah tim Asia pertama yang mampu tampil di ajang empat tahunan itu.

Dilansir dari situs resmi FIFA, Indonesia saat itu tampil di ajang Piala Dunia 1938 dengan nama Hindia Belanda.

Dalan sejarahnya, masuknya Hindia Belanda (Indonesia) di kompetisi Piala Dunia 1938 tak terlepas dari pengaruh mundurnya Jepang di babak kualifikasi.

Untuk diketahui, saat itu Asia hanya mendapatkan satu tempat di Piala Dunia 1938 dan itu harus diperebutkan oleh dua tim (Hindia Belanda dan Jepang).

Selanjutnya, usai lolos ke Piala Dunia 1938, tim sepak bola Hinda Belanda melakukan perjalanan berapa minggu dengan kapal menuju Prancis.

Namun, perjalanan panjang itu, tak memberikan hasil yang positif untuk tim Hinda Belanda.

Sebab, Hinda Belanda langsung tersingkir dari ajang Piala Dunia 1938 usai takluk dari Timnas Hungaria dengan skor telak 0-6 dalam pertandingan pertama pada 5 Juni 1938 di Reims.

Dengan hasil tersebut, Hinda Belanda atau Indonesia memegang rekor sebagai tim dengan pertandingan paling sedikit yang dimainkan oleh suatu negara di Piala Dunia (1 laga).

Rekor tersebut pastinya akan sulit dipecahkan mengingat saat ini Piala Dunia menggunakan sistem grup, di mana setiap tim pasti akan menjalani tiga pertandingan.

Di samping itu, dalam laga melawan Hungaria, tim Hindia Belanda sebenarnya mampu mencetak gol ke gawang Hungaria lewat Tjaak Pattiwael.

Akan tetapi, gol Tjaak Pattiwael ke Hungaria dianulir karena offside.

Meskipun tersingkir, Indonesia telah menorehkan sejarah tersendiri dan menjadi negara satu-satunya di Asia Tenggara yang pernah tampil di Piala Dunia.

Sementara itu, rival-rival Indonesia di Asia Tenggara, yaitu Timnas Thailand, Timnas Vietnam, Timnas Malaysia, dan Timnas Singapura belum pernah sekalipun tampil di kompetisi Piala Dunia.
 

Tag : #fifa    #timnas indonesia    #sepakbola    #pssi    #piala dunia   

Baca Juga