5 bulan Menjelajah Angkasa, 4 Astonaut Kembali ke Bumi Akhir Pekan Kemarin

Rini | Internasional | 13-03-2023

Setelah lima bulan menjalankan misi di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS), kini empat astronot yang mengendarai SpaceX kembali pulang ke Bumi pada Sabtu malam (11/3). (Foto; Twitter/@NASA)

PARBOABOA, Jakarta - Sebanyak empat astronaut yang tergabung dalam tim Crew-5 di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) telah kembali ke Bumi pada hari Sabtu (11/3/2023), setelah menghabiskan lima bulan di luar angkasa.

Kapsul Dragon milik SpaceX digunakan untuk membawa mereka kembali ke Bumi dan mendarat dengan selamat di perairan lepas pantai Teluk Florida, Amerika Serikat pada akhir pekan kemarin.

Keempat kru astronot tersebut terdiri dari Nicole Mann dan Josh Cassada dari NASA, Koichi Wakata dari Badan Eksplorasi Antariksa Jepang (JAXA), dan Anna Kikina dari badan antariksa Rusia, Roscosmos.

Anna Kikina (38) adalah orang Rusia pertama dalam 20 tahun terakhir yang terbang dengan pesawat ruang angkasa Amerika. Sementara itu, Nicole Aunapu Mann (45) menjadi perempuan asli Amerika Serikat pertama yang dikirim ke orbit.

Dua awak lainnya adalah pilot NASA Josh Cassada, 49 tahun, dan astronot Jepang berusia 59 tahun, Koichi Wakata, yang telah terbang dalam empat misi sebelumnya.

Mereka telah meluncur ke ISS dengan menggunakan kapsul SpaceX Crew Dragon pada bulan Oktober tahun lalu, sebagai bagian dari tim Crew-5 untuk melakukan eksperimen penelitian dan pemeliharaan laboratorium.

"Itu adalah perjalanan yang luar biasa. Kami senang berada di rumah," kata Mann melalui radio beberapa saat setelah pendaratan, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press.

Editor : Rini

Tag : #nasa    #astronout    #internasional    #luar angkasa    #spacex   

BACA JUGA