4 Pemain Barcelona dengan Performa Terburuk saat Dikalahkan Real Madrid

Michael | Sepakbola | 18-10-2022

Ekspresi kecewa Robert Lewandowski setelah Barcelona dikalahkan Real Madrid 3-1 di Santiago Bernabeu (Foto: Getty Images)

PARBOABOA – Barcelona menelan kekalahan perdananya di La Liga musim 2022/2023 saat berjumpa Real Madrid pada pekan ke-9. Bertandang ke Santiago Bernabeu, Barcelona tunduk dengan skor 3-1 dari Los Blancos.

Ini menjadi rentetan hasil kurang optimal yang dimiliki juru taktik Barcelona, Xavi Hernandez di musim ini. Sebelumnya, Xavi juga menang saat dua kali beradu kekuatan dengan Inter Milan di ajang Liga Champions.

Saat takluk dari Real Madrid, Barcelona sebenarnya tampil dominan dengan penguasaan bola 57 persen dan melepaskan total 18 tembakan. Namun buruknya penyelesaian akhir membuat Barcelona hanya mencetak satu gol saja.

Selain itu, koordinasi di lini pertahanan menjadi akar utama kekalahan Blaugrana dari Real Madrid. Berikut empat pemain terburuk Barcelona ketika dipecundangi Real Madrid berdasarkan rating Whoscored.

Jules Kounde

Jules Kounde gagal berperan sebagai tembok Barcelona saat bertamu ke kandang Real Madrid. Beberapa kesalahan Kounde dalam mengambil keputusan membuat lini belakang Barcelona rapuh.

Dua gol Real Madrid yang dicetak Karim Benzema dan Federico Valverde merupakan akibat kesalahan dari Kounde. Di gol pertama, Kounde yang maju terlalu jauh gagal menutup ruang yang ditinggalkan sehingga Vinicius.

Pada gol kedua Real Madrid, Kounde kembali gagal menutup pergerakan Vinicius. Padahal di sana terdapat tiga bek Barcelona yang bisa membagi tugas untuk menutup ruang dan merebut bola dari Vinicius.

Kesalahan keputusan Kounde mengakibatkan dirinya menjadi salah satu pemain yang tampil jauh di bawah harapan. Kounde tercatat hanya mendapatkan rating 6.1 versi Whoscored di laga melawan Real Madrid.

Eric Garcia

Bek Barcelona kembali menjadi pemain yang menjadi dalang kekalahan dari Real Madrid. Kali ini Eric Garcia bermain kurang optimal sebagai bek tengah Barcelona menggantikan Ronald Araujo yang cedera.

Garcia yang berduet dengan Jules Kounde bermain kurang serasi. Dua gol awal Real Madrid merupakan karena buruknya koordinasi Eric dan Kounde sebagai bek tengah.

Gol ketiga Real Madrid bahkan merupakan kesalahan individual Eric yang melanggar Rodrygo di dalam kotak penalti Barcelona. Dengan penampilan buruk tersebut membuat Eric Garcia hanya mendapatkan rating 5.5 versi Whoscored.

Sergi Roberto

Kurang optimalnya Sergi Roberto di sektor bek kanan juga menjadi penyebab kekalahan Barcelona. Roberto yang sering keluar dari posisi, sangat kewalahan dalam menghentikan skema serangan balik cepat Real Madrid.

Dua gol awal Real Madrid murni karena Roberto telat menutup ruang yang dimanfaatkan Vinicius Junior. Heatmap Roberto bahkan memperlihatkan dirinya sering berada di posisi lapangan permainan Real Madrid dibandingkan posisinya sendiri sebagai bek kanan.

Selain itu, kurangnya koordinasi dengan due bek tengah Barcelona membuat Roberto gagal menghentikan penetrasi pemain Real Madrid. Alhasil, Roberto hanya mendapatkan rating 6.0 versi Whoscored akibat tampil buruk sebagai bek kanan.

Marc-Andre ter Stegen

Kegagalan Barcelona mencuri poin di Santiago Bernabeu merupakan akibat dari buruknya penampilan Marc-Andre ter Stegen sebagai tembok terakhir. Ter Stegen harus memungut bola dari gawangnya hingga tiga kali.

Padahal, Real Madrid hanya mencatatkan empat tembakan ke arah gawang ter Stegen. Sayangnya, ter Stegen hanya mampu menyelamatkan satu dari keempat tembakan penyerang Real Madrid tersebut.

Tiga gol yang bersarang di gawang ter Stegen menjadikannya salah satu pemain terburuk di laga el clasico kali ini. Ter Stegen hanya memperoleh rating sebesar 5.6 yang dirilis oleh Whoscored.

Tag : #liga spanyol    #el clasico    #sepakbola    #real madrid    #barcelona    #jules kounde    #eric garcia    #sergi roberto    #marc andre ter stegen   

Baca Juga