Teknik dasar lompat jauh (Dok: pastiguna.com)

4 Teknik Dasar Lompat Jauh Beserta Posisi Badan yang Benar

Rahma | Pendidikan | 10-05-2022

PARBOABOA - Teknik dasar lompat jauh adalah salah satu keterampilan penting dan wajib di miliki oleh setiap atlet pelompat, agar terlatih menjadi lebih ahli atau mahir dalam cabang olahraga lompat jauh.

Oleh sebab itu, teknik dasar lompat jauh sangat di perlukan oleh seorang atlet. Keterampilan teknik harus terus dilatih. Tujuanya agar pelompat dapat melakukan gerakan yang tepat ketika mengikuti kejuaraan.

Yang termasuk kedalam tahapan gerakan dalam teknik dasar lompat jauh adalah dimulai dari sikap awalan, tolakan, sikap badan diudara, serta diakhiri dengan pendaratan.

Sekilas, melakukan gerakan lompat jauh terlihat sangat mudah. Padahal, nyatanya ketika ingin menerapkan teknik dasar lompat jauh ini, tidak sembarangan dan harus membutuhkan latihan khusus.

Selain itu, tingkat kewaspadaan para atlet juga harus tinggi. Tujuannya, agar para pelompat tidak mengalami risiko cedera pada saat beraksi.

Biasanya, resiko cedera dapat terjadi ketika melakukan gerakan teknik dasar lompat jauh yang kurang tepat.

Terutama ketika salah melakukan gerakan tolakan atau melakukan pendaratan, maka cidera yang dialami dapat fatal dan juga berpengaruh terhadap hasil penilaian saat pertandingan.

Untuk itu, simak ulasan mengenai  4 teknik dasar lompat jauh beserta posisi badan yang benar agar kamu terhindar dari resiko cidera ya teman-teman.

1. Teknik Awalan atau Ancang-Ancang

Teknik dasar lompat jauh yang pertama dilakukan adalah teknik awalan. Berlari secepat-cepatnya adalah teknik dasar lompat jauh pada saat awalan.

Panjang lintasan lari yang harus ditempuh dari posisi awal sampai pada balok tolakan sekitar 20 sampai 30 meter.

Karena teknik awalan ini dilakukan dengan gerakan berlari dengan kecepatan penuh, maka posisi awal badan pada saat melakukan awalan lompat jauh adalah harus menghadap ke arah depan atau ke arah menuju tempat balok tolakan.

Tujuannya agar si pelompat benar-benar siap dan fokus untuk melakukan gerakan teknik dasar lompat jauh berikutnya, yakni tolakan.

Teknik awalan yang benar akan berfungsi untuk memberikan dorongan saat melakukan lompatan, sehingga atlet lompat jauh akan mendapatkan hasil lompatan sejauh mungkin.

2. Teknik Tolakan atau Teknik Awalan Sebelum Melompat

Setelah melakukan teknik awalan dengan benar, maka teknik dasar lompat jauh berikutnya yang harus di lakukan adalah teknik tolakan atau posisi awalan sebelum melompat.

Posisi badan saat melakukan tolakan lompat jauh adalah berada dalam keadaan tegak, serta posisi kedua tangan harus diangkat dan di ayunkan ke arah depan dan ke atas.

Dalam melakukan tolakan lompat jauh, kaki yang digunakan untuk menumpu pada balok tolakan adalah satu kaki  yang paling kuat sebagai pijakan atau tumpuan.

Ketika hendak melompat, usahakan kecepatan berlari dan kekuatan kaki untuk bertumpu harus diusahakan agar seimbang.

3. Teknik Melayang di Udara

Berikutnya tahapan gerakan dalam teknik dasar lompat jauh adalah teknik melayang di udara. Setelah melakukan tolakan, maka tubuh akan terangkat ke udara, atau dalam kata lain dalam posisi melompat atau melayang.

Teknik dasar lompat jauh dalam posisi melayang di udara harus diperhatikan, karena sangat berpengaruh terhadap hasil jarak lompatan. 

Gaya dalam teknik melayang dalam lompat jauh terbagi menjadi tiga, yakni:

- Gaya Jongkok

Pada gaya jongkok, badan diusahakan berada dalam posisi aerodinamis (tidak melawan arah angin). Posisi ini akan membuat sang atlet mencapai jarak yang lebih jauh.

- Gaya Melayang atau Terbang

Pada teknik melayang atau terbang ini, posisi tubuh harus dalam keadaan tegap menghadap ke arah depan.

Namun, para atlet lompat yang memilih menggunakan gaya ini, diharuskan memiliki keseimbangan yang baik di saat melakukannya. Karena bisa dikatakan, gerakan ini cukup sulit dari pada gaya yang lain bagi para pemula.

- Gaya Berjalan di Udara

Yang dimaksud dengan gaya berjalan di udara adalah dimana posisi kaki saat barada diudara dalam keadaan bergerak mengayunkan. Tujuannya, agar jarak hasil lompatan menjadi lebih jauh.

4. Teknik Mendarat

Terakhir, tahapan gerakan dalam teknik dasar lompat jauh adalah teknik mendarat, teknik ini juga sangat penting dipelajari oleh para atlet lompat jauh.

Hal ini disebabkan karena, biasanya gerakan yang salah pada teknik ini banyak menyebabkan para pelompat menjadi mengalami resiko cidera parah akibat benturan dari pendaratan yang salah.

Agar menghindari tubuh mengalami benturan yang cukup keras di lokasi mendarat. Ketika mendarat, kedua kaki harus diposisikan dalam keadaan berhimpitan.

Tujuannya agar kaki dan lutut tidak terlalu mengalami guncangan dan benturan pada saat mendarat di bak pasir .

Selanjutnya,usahakan pula agar tidak mendarat menggunakan bokong, karena hal ini bisa dapat menyebabkan cedera parah dibagian pinggang dan tulang ekor.

Kamu juga harus ingat, posisi badan saat mendarat dalam lompat jauh yang benar adalah dengan diposisikan condong ka arah depan serta kedua kaki mengeper (elastis) pada saat mendarat ketanah.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai teknik dasar lompat jauh yang dapat kamu jadikan sebagai petunjuk ketika melakukan praktek di lapangan.

Jangan lupa pula untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga lompat jauh. Jika kamu ingin menjadi atlet lompat jauh yang hebat, maka teruslah latihan secara teratur dan jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat.

 

Tag : #lompat jauh    #olahraga    #pendidikan    #pendidikan olahraga    #teknik dasar lompat jauh    #   

Baca Juga