Salah satu jembatan terpanjang di dunia yaitu Grand Danyang yang berada di Tiongkok (Foto : Telegraph.co.uk)

5 Jembatan Terpanjang di Dunia Tahun 2022

Wulan | Internasional | 06-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Dalam kehidupan yang serba modern seperti sekarang ini, kehidupan manusia akan semakin dipermudah dengan adanya teknologi yang selalu berkembang dan canggih. Salah satu infrastruktur yang terus berkembang teknologinya adalah jembatan.

Jembatan merupakan suatu struktur bangunan yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, saluran irigasi dan pembuangan, jalan kereta api, waduk, dan lain-lain.

Di dunia ini, ada beberapa jembatan yang dikenal dengan jembatan terpanjang. Jembatan-jembatan tersebut berada di sejumlah negara dan memiliki fungsi yang bermacam-macam. Apa sajakah itu? yuk simak daftar jembatan terpanjang di dunia berikut ini!

1. Grand Danyang, Tiongkok

Grand Danyang atau Danyang Kunshan Grand Bridge merupakan jembatan terpanjang di dunia yang bahkan telah tercatat di Guinness Book of World Records.

Jembatan ini terbentang sepanjang 164,8 kilometer dan juga berfungsi sebagai penopang jalur kereta cepat yang menghubungkan antara Beijing dan Shanghai.

Proses pembangunan jembatan ini dimulai dari tahun 2006 kemudian selesai pada tahun 2010. Tak hanya membutuhkan waktu yang cukup lama, dalam pembuatan jembatan ini juga dikerahkan sebanyak 10.000 pekerja agar jembatan ini dapat dibuat secara sempurna.

2. Grand Tianjin, Tiongkok

Jembatan ini merupakan jembatan kereta api yang membentang dari Langfang dan Qingxian. Sama seperti Grand Dayang, jembatan ini juga bagian dari jalur kereta api cepat antara Beijing- Shanghai.

Jembatan Grand Tianjin  dijadikan sebagai jembatan terpanjang di dunia yang menempati urutan kedua dan rekor ini telah dicatat oleh Guinness World Records. Jembatan Tianjin memiliki panjang sekitar 113,7 kilometer. Pada tahun 2010 jembatan ini sudah selesai dibangun, namun baru diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 2011.

Desain jembatan dengan jalur layang ini dibuat agar terhindar dari individu yang melintasi jalan raya, rel kereta api, dan lain-lain. Selain itu, desain seperti ini digunakan agar mempersingkat masa konstruksi.

3. Weinan Weihe, China

Jembatan Weinan Weihe masuk ke dalam jembatan terpanjang di dunia pada urutan ketiga. Jembatan Weinan – Weihe atau bisa juga disebut dengan The Weinan Weihe Grand Bridge ini merupakan jembatan bagian dari Zhenzhou – Xian kereta api dengan kecepatan tinggi.

Jembatan ini memiliki panjang sekitar panjang sekitar 79,732 kilometer yang melintas berbagai sungai seperti Sungai Wei yang dillewati dua kali, Sungai Luofu, Sungai Ling, Sungai Xi, Sungai Shi Di dan sungai-sungai serta jalur kereta api dan jalan raya.

Dalam pembangunannya, jembatan ini mengerahkan 10.000 pekerja, 2.300.000 meter kubik beton yang digunakan, dan juga 45.000 ton baja. Jembatan ini selesai dibuat pada tahun 2008. Namun diketahui, jembatan tersebut baru dibuka pada 6 Februari 2010.

4. Bang Na Expressway, Thailand

Jembatan ini didesain oleh Jean Muller Internasional yang merupakan teknisi ahli jembatan asal Perancis. Bang Na Expressway berada di posisi keempat sebagai jembatan terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 55 kilometer.

Bang Na Expressway juga merupakan jalan layang yang mempunyai enam jalur. Membutuhkan sekitar 1,8 meter kubik beton, jembatan ini selesai dibangun pada bulan Maret 2010 lalu.

Bagi masyarakat Thailand, jembatan ini merupakan suatu kebanggaan karena beridiri di jalur 34 yang terkenal akan kemacetan lalu lintasnya. Terlebih lagi, Bang Na Expressway menyediakan sebanyak 12 jalur jalan tol.

5. Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat

Jembatan yang terletak di New Orleans, Amerika Serikat ini tercatat di Guinness Book of World Records sebagai jembatan di atas air yang bertahan hingga lebih dari 10 tahun. Pontchartrain Causeway terbentang sepanjang 38,35 kilometer dan memiliki dua jembatan paralel yang menghubungkan kedua sisi Danau Pontchartrain.

Keunikan jembatan ini adalah proses pembangunannya dalam jangka waktu yang begitu singkat yaitu hanya 14 bulan. Pada Oktober 2018 lalu, jembatan ini sudah menyandang gelar sebagai jembatan terpanjang di dunia yang berdiri di atas air selama 60 tahun.

Jembatan ini sempat terancam karena adanya jembatan baru di China yang melintasi Teluk Jiaozhou yang lebih panjang 3 kilometer dari Jembatan Pontchartrain Causeway.

Tag : #terpanjang    #jembatan terpanjang di dunia    #internasional    #grand danyang    #grand tianjin    #winan weihe    #   

Baca Juga