William James Sidis (Reportasependidikan.com)

5 Pria dengan IQ Tertinggi di Dunia

Wulan | Internasional | 31-03-2022

PARBOABOA, Jakarta – Hingga saat ini, kecerdasan inteligensi atau Intelligence quotient (IQ) masih sering menjadi patokan dasar untuk menilai tingkat kecerdasan seseorang.

Rata-rata manusia memiliki skor IQ sekitar 100 hingga 120. Diperkirakan ada sekitar setengah persen dari populasi manusia di dunia yang IQ-nya di atas 140.

Mereka adalah sebagian kecil orang beruntung dengan IQ yang tak tanggung-tanggung. Berbekal kecerdasannya, mereka mampu melakukan hal yang luar biasa.

Jika kamu bertanya-tanya siapa yang memiliki IQ tertinggi di dunia, berikut ini adalah daftar pria yang cerdas dan terpintar di dunia.

1. William James Sidis (IQ 250-300)

Diperkirakan William memiliki skor IQ sekitar 250-300. Dia masuk Harvard ketika masih berumur 11 tahun untuk belajar matematika.

Pada usianya yang menginjak 2 tahun ia sudah terbiasa membaca New York Times di pagi hari. Ia juga mampu menulis buku tentang anatomi dan astronomi ketika masih berusia 8 tahun. Sayang, manusia paling pintar di bumi ini tidak hidup bahagia, memiliki sedikit teman dan meninggal di usia 46 tahun.

2. Ainan Celeste Cawley (IQ 263)

Pria kelahiran 1999 ini memiliki skor IQ tertinggi di dunia, yaitu 263. Ainan juga menjadi orang termuda di dunia yang lulus tingkat Kimia-O di usia 7 tahun.

Pada usia 8 tahun, ia mengambil kuliah Kimia di Singapore Polytechnic (sebuah lembaga pendidikan tinggi di Singapura). Ia juga menggubah musik dan dapat melafalkan Pi hingga 518 tempat desimal.

3. Terence Tao (IQ 225-230)

Sering disebut "the Mozart of Math", Terence Tao adalah anak ajaib matematika yang sekarang mengajar di UCLA. Skor IQ-nya berkisar dari 211 hingga 230. Ia menjadi terkenal karena kontribusinya pada teori bilangan dan analisis harmonik.

The Los Angeles Times melaporkan bahwa ia dianugerahi $3 juta pada tahun 2015 karena memenangkan Hadiah Terobosan baru dalam Matematika.

4. Christopher Hirata (IQ 225)

Seorang mantan anak ajaib, Hirata menjadi orang Amerika termuda yang memenangkan medali emas di Olimpiade Fisika Internasional 1996 di usia 13 tahun.

Pada usia 16 tahun, ia terlibat dalam proyek NASA dan lulus dari Princeton University yang bergengsi pada usia muda 22 tahun.

5. Kim Ung-Yong (IQ 210)

Kim Ung-Yong lahir di Korea pada 1963 dan mulai berbicara pada usia enam bulan. Pada saat berusia 3 tahun, ia sudah bisa membaca bahasa Inggris, Korea, Jepang, dan Jerman.

Saat ini ia menghabiskan waktunya untuk melakukan penelitian dan pengajaran di Chungbuk National University, Korea Selatan.

Itulah daftar 5 pria dengan IQ tertinggi di dunia. Kalau kamu jadi mereka kamu mau melakukan hal luar biasa apa ya? Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih!

Tag : #tertinggi    #dunia    #internasional    #pria dengan iq tertinggi di dunia    #pria terpintar di dunia   

Baca Juga