Es blewah (Foto: Shutterstock)

7 Minuman yang Sering Disajikan saat Lebaran, Manis dan Segar Banget

Sondang | Selera Nusantara | 15-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Hari raya Idul Fitri adalah hari yang paling ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Menjelang Lebaran, seringkali kita disibukkan dengan menyiapkan berbagai macam keperluan, seperti membeli baju hingga mengolah berbagai macam menu khas Lebaran.

Selain makanan, menyajikan minuman khas Lebaran juga telah menjadi tradisi bagi bangsa Indonesia. Minuman Lebaran biasanya dinikmati saat berkumpul bersama keluarga, sahabat, dan orang-orang terdekat lainnya.

Nah, buat kamu yang masih bingung mau menyajikan minuman lebaran apa, berikut deretan minuman yang selalu disajikan saat Hari raya Idul Fitri.

7 minuman yang sering disajikan saat lebaran

1. Sop Buah

Siapa sih yang gak kenal sop buah? Minuman yang satu ini tentu tidak asing lagi di telinga kita. Sop buah adalah campuran beberapa jenis buah, mulai dari yang manis hingga asam, ditambahkan dengan susu, sirup, dan es batu yang menyegarkan. Itulah mengapa sop buah menjadi minuman yang selalu ada saat lebaran tiba.

Bahkan, sop buah menjadi salah satu menu yang tidak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Selain memiliki rasa yang enak, sop buah juga kaya akan kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Kita.

Sehingga sangat cocok dikonsumsi pada saat berbuka puasa karena untuk mengembalikan energi yang yang telah hilang setelah seharian menahan lapar dan dahaga.

2. Es Timun Serut

Es timur serut ialah minuman khas Aceh. Sesuai namanya, es tersebut terbuat dari mentimun yang telah diparut atau diserut.

Tak hanya menggunakan mentimun, minuman tersebut juga terbuat dari sirup jeruk limau atau melon. Biji selasih pun kerap ditambahkan sebagai variasi ke dalam es timun serut.

Tak hanya terkenal di Aceh, es timun serut juga menjadi minuman andalan di warung makan Padang. Es timun serut dipercaya dapat menyegarkan tenggorokan serta melunturkan lemak dari makanan bersantan maupun daging. Itulah mengapa es serut timun sering menjadi minuman andalan saat lebaran.

3. Es Blewah

Selanjutnya ada es blewah. Minuman yang satu ini merupakan salah menu lebaran yang paling banyak dicari. Rasanya lebaran gak akan lengkap kalau tidak ada es blewah.

Es blewah dapat kamu bikin sendiri lho di rumah dengan beberapa bahan, diantaranya buah blewah, gula pasir, susu kental manis dan yang lain.

Kandungan pada buah blewah diantaranya vitamin C yang tinggi dan serat. Dan dari sisi harga buah blewah terbilang cukuplah murah dan dari sisi rasa buah ini tidak begitu manis, jadi pas sekali untuk dipertambah sirup atau susu kental manis.

Kamu juga bisa menkombinasikan berbagai toping seperti selasih, nangka, dan buah lain sesuai selera. Bisa juga dengan menambah gula aren, dan sedikit jeruk nipis untuk aroma es blewah yang mantap.

4. Es Cendol Kacang Merah

Kemudian ada es cendol kacang merah yang dapat menjadi menu andalan saat lebaran tiba. Sesuai namanya, es ini memang menggunakan kacang merah sebagai bahan baku utama. Dengan tambahan parutan es dengan campuran sirup merah atau cocopandan.

Kekhasan rasa kacang merahnya yang membuat es ini terasa beda di lidah. Rasanya begitu unik, enak, manis, gurih dan lembut. Kacang merah dengan kualitas unggul jadi penentu enak atau tidaknya es ini.

Selain menyegarkan, minuman ini ternyata mengandung banyak manfaat. Itu karena kacang merah kaya akan asam folat, kalsium, karbohidrat kompleks, serat, dan protein yang tergolong tinggi. Kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi dalam kacang merah membuatnya dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

5. Es Kolang Kaling

Kolang kaling adalah buah yang identik dengan bulan Ramadhan. Buah ini dapat disajikan dalam berbagai cara mulai dari dibuat kolak, manisan, hingga hidangan es yang segar dan nikmat sesuai selera.

Untuk mendapatkan buah kolang kaling juga tidaklah sulit karena buah kolang kaling tidak mengenal musim. Kamu bisa menemukan kolang kaling dengan mudah baik di supermarket hingga pasar tradisional.

6. Es Jeruk Selasih

Selain bisa dimakan langsung, jeruk juga sering diolah menjadi minuman yang segar seperti es jeruk selasih. Sehingga rasanya akan sangat menyegarkan dan sangat cocok bila dijadikan hidangan saat lebaran.

Seperti kita ketahui, jeruk menjadi salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin cukup tinggi. Tidak hanya itu, jeruk juga merupakan sumber serat, folat, hingga antioksidan yang baik untuk tubuh.

7. Es Kopyor

Siapa sih yang tidak mengenal es kopyor? Es kopyor merupakan salah satu jenis minuman yang terbuat dari kelapa.

Namun sayangnya, tidak sembarang kelapa yang dibuat untuk membuat es kopyor lho. Hanya kelapa kopyor yang bisa digunakan untuk membuat es kopyor.

Di pasaran, minuman ini tidak dijual dengan harga yang murah, yaitu 40 ribu hingga 50 ribu per butirnya. Sehingga jika Kamu ingin menikmati es kopyor, setidaknya Kamu harus menyediakan lima puluh ribu rupiah untuk satu gelas minuman.

Segar-segar banget yah minumannya. Kamu mau buat yang mana nih?

Tag : #kuliner lebaran    #minuman    #selera nusantara    #sop buah    #es blewah    #es serut timun   

Baca Juga