Timnas Italia gagal tampil di Piala Dunia 2022 setelah kalah 0-1 dari Makedonia Utara (Foto: Getty Images/Claudio Villa)

8 Negara Besar Yang Gagal Tampil di Piala Dunia 2022

Michael | Sepakbola | 02-04-2022

Parboaboa.com – Sedikitnya ada delapan negara besar yang gagal tampil di Piala Dunia 2022. Chile dan Kolombia menjadi dua tim terakhir yang gagal ke Qatar.

Dari 32 slot yang tersedia untuk Piala Dunia 2022, sebanyak 29 di antaranya sudah diisi oleh negara-negara dari fase kualifikasi termasuk timnas Portugal yang baru bisa memastikan tempat pada Rabu (30/3) lalu.

Berikut daftar delapan negara besar yang gagal tampil di Piala Dunia 2022:

1. Italia

Kekalahan 0-1 Italia kontra Makedonia Utara pada Jumat (25/3) dini hari WIB mengejutkan banyak orang. Betapa tidak, status juara Euro 2020 membuat Gli Azzurri seharusnya bisa lolos dengan mudah ke Piala Dunia 2022.

Namun, mereka justru harus menempuh jalur play-off untuk bisa terbang ke Qatar. Sialnya, satu-satunya kesempatan itu terbuang begitu saja ketika mereka kalah dengan tim non-unggulan melalui satu gol di detik-detik akhir pertandingan.

Kegagalan Italia tampil di Piala Dunia menambah panjang catatan kelam mereka setelah sebelumnya juga tak berhasil lolos ke Piala Dunia 2018. Untuk kedua kalinya pendukung Italia harus mengubur dalam-dalam keinginan menyaksikan Gli Azzurri di Piala Dunia.

2. Republik Ceko

Sama seperti Italia, Republik Ceko juga harus mengubur impian tampil di Piala Dunia 2022 akibat kekalahan tipis.

Ceko tumbang dengan skor 0-1 kontra Swedia, Jumat (25/3) lewat gol di babak tambahan waktu. Hasil itu membuat Ceko kembali menyaksikan Piala Dunia 2022 sebagai penonton.

Kali terakhir Ceko lolos ke Piala Dunia terjadi pada edisi 2006 lalu. Saat itu beberapa pemain bintang seperti Pavel Nedved dan Jan Koller mengisi daftar susunan pemain.

3. Pantai Gading

Timnas Pantai Gading yang diisi beberapa pemain penting klub top Eropa juga gagal lolos ke Piala Dunia 2022. Sederet nama mentereng seperti Eric Bailly, Franck Kessie, Serge Aurier, Nicolas Pepe dan Sebastien Haller tidak mampu mengantarkan timnas Les Elephants berkancah di level dunia.

Ini merupakan dua kegagalan beruntun bagi Pantai Gading karena gagal tampil di Piala Dunia 2018 dan 2022. Momen kekalahan tipis 0-1 kontra Kamerun menutup satu-satunya kesempatan mereka.

4. Mesir

Mohamed Salah dan kawan-kawan kembali dipaksa mengakui keunggulan Senegal yang diperkuat rekan setimnya di Liverpool, Sadio Mane. Setelah kalah di final Piala Afrika beberapa bulan lalu, Mesir kali ini harus gagal lolos ke Piala Dunia 2022 setelah disingkirkan Senegal.

Pemenang dari pertandingan ini harus ditentukan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 secara agregat. Senegal pun keluar sebagai pemenang lewat skor 3-1 sekaligus mengamankan satu tiket ke Piala Dunia 2022 Qatar.

5. Nigeria

Nigeria adalah salah satu negara sepakbola terkuat di Afrika. Beberapa nama tampil di Liga Inggris, termasuk Kelechi Iheanacho yang bermain untuk Leicester City.

Tim berjuluk Super Eagles sebenarnya membutuhkan kemenangan setidaknya 1-0 untuk mengamankan tiker ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar setelah di leg pertama melawan Ghana berakhir imbang tanpa gol.

Namun, Nigeria hanya mampu bermain imbang 1-1 di leg kedua. Hasil ini membuat jalan Ghana terbuka lebar untuk melaju ke Piala Dunia 2022 berkat keunggulan produktivitas gol.

6. Swedia

Penyerang veteran, Zlatan Ibrahimovic, harus mengubur mimpi tampil di pesta sepakbola empat tahunan edisi kali ini usai Swedia dikalahkan Polandia di final play-off kualifikasi Piala Dunia zona Eropa.

Dua gol kemenangan Polandia dicetak melalui tendangan penalti Robert Lewandowski pada menit ke-50 serta tembakan Piotr Zieliski di menit 72. Hasil ini membuat Polandia melaju ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

7. Chile

Chile merupakan salah satu tim terkuat yang pernah mewakili zona Amerika Selatan (CONMEBOL), kendati demikian mereka kini sedang terpuruk dan hanya mampu finis di peringkat ketujuh.

Di laga terakhir, Chile kalah bersaing dengan Peru dalam  perebutan peringkat kelima terbaik demi satu tiket di jaluar play-off antarkonfederasi.

Sementara empat negara Amerika Selatan yang lolos otomatis adalah Brasil, Argentina, Uruguay, dan Ekuador. CONMEBOL berpeluang mengirimkan lima wakil ke Piala Dunia 2022 Qatar jika Peru menang di babak play-off antarkonfederasi melawan Selandia Baru.

8. Kolombia

Sama seperti Chile, Kolombia juga dipastikan gagal tampil di Piala Dunia 2022. Meski sukses meraih kemenangan 1-0 atas Venezuela pada laga terakhir babak kualifikasi, Kolombia kalah jumlah poin dari Peru.

Kolombia hanya mampu finis keenam dengan perolehan 23 poin atau selisih satu poin dari Peru yang mendapatkan kesempatan berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar lewat jalur play-off antarkonfederasi di peringkat kelima.

James Rodriguez dan kawan-kawan harus mengubur mimpi mereka berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar setelah di dua edisi sebelumnya selalu lolos ke fase gugur. Kolombia tampil di perempat final pada 2014 dan babak 16 besar pada edisi 2018.

Demikian informasi mengenai 8 negara besar yang gagal tampil di Piala Dunia 2022 Qatar.
 

Tag : #Piala Dunia 2022    #Sepakbola    #Italia    #Swedia    #Kolombia    #Chile    #Nigeria    #Mesir    #Pantai Gading    #Mohamed Salah   

Baca Juga