Ada 6 Parpol Ngebut Melengkapi Berkas untuk Verfak di Pematang Siantar

Penulis : Putra Purba | Daerah | 07-12-2022

KPU Pematang Siantar (Foto: Parboaboa/Dimas Adji)

PARBOABOA, Pematang Siantar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pematang Siantar menyebut ada enam partai politik (Parpol) mengejar kelengkapan berkas untuk bisa verifikasi faktual (Verfak) tahap akhir.

Komisioner Bidang Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematang Siantar Gina Ruthfefiliana Ginting mengatakan, ada enam partai yang lagi memperbaiki berkas dalam masa diverifikasi faktual tahap akhir, yakni Partai Ummat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Keadilan Nasional, Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Buruh serta Partai Bulan dan Bintang.

Keenam partai ini akan di umumkan dari pihak KPU RI selaku pemegang hak kewenangan atas terselenggaranya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) untuk memberitahu jumlah partai memenuhi syarat (MS) dan tidak memenuhi syarat (TMS) dalam kepersertaan Pemilu 2024.

“Semua proses verifikasi faktual ini didokumentasi foto maupun video oleh KPU Kota Pematang Siantar. Dokumentasi foto untuk semua verifiasi faktual juga dijumpai secara langsung,” jelas Gina saat di jumpai di SMA NEGERI 4 Pematangsiantar, Rabu (07/12/22).

Gina menyampaikan, semua berkas kelengkapan atas perbaikan telah disampaikan keenam partai ini.

“Semua kegiatan verifikasi faktual perbaikan terakhir ini didampingi oleh tim pengawas dari Bawaslu Kota Pematang Siantar dan dimediasi oleh KPU,” ucapnya.

Gina mengatakan, proses tahapan yang saat ini merupakan perpanjangan waktu yang diberikan, di mana verfak sudah dilaksanakan pada 1-4 November 2022 lalu. Sebelumnya sudah ada 12 partai yang lolos. Di mana sembilan partai sudah sampai tahap verifikasi administrasi di Senayan.

“Sementara ada empat partai lainnya yang lolos di kota Pematang Siantar, yaitu Partai Solidaritas Indonesia, Perindo, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, dan Partai Hati Nurani Rakyat masih proses,” katanya.

Gina berharap dengan hasil kelolosan verifikasi yang dilakukan partai-partai yang berpartisipasi sebagai calon peserta Pemilu 2024 akan meningkatkan animo masyarakat dalam pesta rakyat secara demokratis dan jujur.

“InsyaAllah dengan perhatian masyarakat akan kesuksesan Pemilu 2024 akan semakin bagus-bagus saja,” tutupnya.

Editor : -

Tag : #pematang siantar    #kpu    #daerah    #parpol    #komisi pemilihan umum    #pemko siantar    #verfak    #pkpu   

Baca Juga