Al Rihla, bola resmi Piala Dunia 2022 (Foto: Adidas)

Adidas Resmi Perkenalkan Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022

Michael | Sepakbola | 30-03-2022

Parboaboa.com – Adidas resmi meluncurkan Al Rihla, bola resmi untuk pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 pada Rabu (30/3).

Dalam Bahasa Arab, Al Rihla berarti ‘Perjalanan’ dan terinspirasi oleh arsitektur, perahu ikonik, dan bendera Qatar. Peluncuran ini akan menandai awal perjalanan Al Rihla ke-10.

Design Director, Football Graphics dan Hardwear Adidas, Franziska Loeffelman, mengungkapkan Al Rihla dibuat untuk menopang permainan sepak bola yang makin cepat. Tidak hanya itu, pergerakan bola juga akan lebih stabil.

“Desain baru memungkinkan bola mempertahankan kecepatan lebih tinggi secara signifikan saat bergerak di udara. Kami membuat inovasi radikal dengan mencipatakan bola Piala Dunia tercepat dan terakurat hingga saat ini,” kata Franziska.

Bola tercepat saat berada di udara

Al Rihla yang merupakan bola ke-14 untuk Piala Dunia yang dibuat oleh Adidas ini diklaim sebagai bola tercepat saat berada di udara.

“Ini adalah Bola Pertandingan Resmi yang menakjubkan, berkelanjutan, dan berkualitas tinggi dari adidas yang akan dinikmati oleh para bintang yang tampil di puncak permainan mereka di panggung terbesar dunia di Qatar, serta pemain akar rumput di mana pun,” kata Jean-François Pathy, Direktur Pemasaran FIFA dikutip dari laman resmi mereka, Rabu (30/3/2022).

“Perjalanan Al Rihla di seluruh dunia akan mewakili jangkauan Piala Dunia FIFA yang luar biasa dan memberi penggemar kesempatan unik untuk terlibat dengan acara tersebut saat kegembiraan meningkat menjelang kick-off."

Fitur dan desain dari Al Rihla

Dalam keterangan resminya, Adidas menjabarkan fitur dan desain dari Al Rihla. Dirancang secara kohesif, menggunakan data dari pengujian ketat di laboratorium Adidas, Al Rihla memberikan tingkat akurasi dan keandalan tertinggi di lapangan, sebagian hal ini bisa terjadi karena bentuk baru pada panel dan tekstur permukaanya.

Bola ini juga dirancang dengan komponen yang telah dipertimbangkan dengan cermat, dan Al-Rihal adalah bola Piala Dunia pertama yang dibuat hanya dengan menggunakan tinta dan lem berbahan dasar air.

Al Rihla yang dibuat melalui data dan pengujian lab milik Adidas itu mempunyai dua fitur utama yang menjadi keunggulan.

Pertama adalah CTR-CORE, yakni bagian inti bola yang didesain untuk meningkatkan akurasi dan konsistensi, mendukung permainan yang cepat dan tepat dengan bentuk retensi udara maksimal, serta akurasi pantulan.

Lalu, ada juga SPEEDSHEEL, kulit polyurethane (PU) pada bola yang memiliki tekstur mikro dan makro, yang mampu meningkatkan akurasi, stabilitas saat berada di udara, serta tembakan yang tajam.

Al Rihla akan diresmikan di Qatar

Dalam keterangan resminya juga, Adidas menyebut Al RIhla akan diresmikan di Qatar. Nantinya, bola ini akan disumbangkan ke Challenge FC, tim wanita pertama yang menjuarai liga sepakbola wanita di Arab Saudi.

Al Rihla juga akan diarak keliling dunia, sebelum digunakan di ajang Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung November mendatang. Bola ini juga akan menjadi salah satu bentuk kontribusi Adidas, karena satu persen dari penjualannya akan disumbangkan untuk gerakan Common Goal [Gerakan amat yang diinisiasi oleh streetfootballworld untuk industri sepakbola].
 

Tag : #Piala Dunia 2022    #Adidas    #Sepakbola    #Al Rihla    #Common Goal    #Qatar   

Baca Juga