Kontroversi sepatu baru Adidas, sebut Wayang Kulit sebagai budaya Malaysia

Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Singapura Dikritik Keras Warganet Indonesia

rini | Internasional | 16-11-2021

PARBOABOA, Jakarta - Adidas yang merupakan perusahaan yang memproduksi sepatu dan perlengkapan olahraga baru-baru ini membagikan gambar untuk produk terbaru mereka yang akan segera dirilis.

Produk terbaru ini diumumkan melalui akun Instagram resmi Adidas Singapura pada Rabu, 10 November 2021. Produk yang masuk dalam koleksi City Pack itu dirilis pada 11 November.

Produk sepatu yang akan dirilis tersebut menampilkan sepatu jenis UltraBoost dengan desain gambar Wayang Kulit yang berasal dari Indonesia.

Namun pihak Adidas justru menyebut Wayang Kulit sebagai bagian dari kebudayaan Malaysia.

"Merayakan warisan budaya Malaysia melalui mata @JAEMYC, dalam city pack UltraBOOST DNA selanjutnya," ucap unggahan @adidassg, dikutip Selasa (16/11).

"Rancangan ini berbicara tentang penghormatan terhadap wayang kulit, bagian penting dari identitas warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur wayang kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan lama yang bertemu pendekatan baru di UltraBOOST DNA," sambung mereka.

Keterangan dalam unggahan tersebut menjadi kontroversi, karena Wayang Kulit sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda yang berasal dari Indonesia.

"Malaysia beranggapan, banyaknya perantau yang sudah menetap dan mempertunjukan wayang kulit di Malaysia menjadikan wayang kulit sebagai kebudayaan mereka. Klaim Malaysia pun terbantahkan sejak 27 November 2003, dimana Badan PBB UNESCO mengakui bahwa wayang kulit sebagai warisan budaya asli Indonesia." tulis salah satu warganet di kolom komentar Adidas.

"Wayang dari Indonesia!! Bukan Malaysia!" tulis warganet yang lain.

"Tidak lagi menaruh hormat pada Adidas," sambung warganet lainnya.

"Bro, wayang kulit berasal dari Indonesia. Bukan Malaysia. Terima kasih," timpal yang lain.

Tag : #wayang kulit    #adidas    #wayang bukan budaya malaysia    #internasional    #sepatu adidas   

Baca Juga