Kartunis Swedia Lars Viks mendapat banyak ancaman pembunuhan setelah kotroversi kartun yang dibuatnya.

Akhir Hidup Pembuat Kartun Nabi Muhammad yang Kontrovesial

rini | Internasional | 04-10-2021

PARBOABOA, Serdia - Kartunis Swedia Lars Viks yang membuat sketsa kepala Nabi Muhammad pada tubuh anjing dilaporkan telah meninggal dalam kecelakaan lalu lintas.

Vilks diketahui hidup di bawah perlindungan polisi sejak kartun kontroversial yang dibuatnya tahun 2007 lalu memicu banyak ancaman pembunuhan

Kartun yang diterbitkan Vilks menuai kecaman banyak pihak karena menyinggung seluruh umat muslim yang menganggap representasi visual Nabi sebagai penghujatan.

Kontroversi kartun tersebut bahkan membuat hubungan diplomatik Swedia dengan berbagai negara menjadi memburuk. Perdana Menteri Fredrik Reinfeldt menemui duta besar dari 22 negara Muslim dalam upaya untuk meredakan situasi.

Namun kebencian kepada Vilks belum mereda, kelompok Al-Qaeda di Irak menawarkan hadiah 100.000 dollar AS (Rp 1,4 miliar) untuk pihak yang bersedia membunuh kartunis tersebut.

Tahun 2015, Vilks berhasil selamat dari serangan bersenjata di sebuah konferensi kebebasan berbicara di Copenhagen, Denmark, yang menewaskan seorang direktur film Denmark.

Akan tetapi terkait kecelakaan yang terjadi, kepolisian menekankan tidak ada keterlibatan orang lain dalam kecelakaan yang terjadi.

Tag : #internasional    #swedia    #kartunis    #kontroversial    #menyinggung muslim   

Baca Juga