Akses jalan di Kabupaten Deli Serdang terputus (Foto: Inews)

Dihantam Longsor, Akses Jalan 2 Kecamatan di Deli Serdang Terputus

Dimas | Daerah | 23-11-2022

PARBOABOA, Deli Serdang – Ruas jalan yang menjadi penghubung dua kecamatan di Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara (Sumut), terputus lantaran diterjang longsor pada Senin (21/11/2022) lalu. Adapun lokasi longsor terletak di Desa Salabulan dan Pinen, Kecamatan Sibolangit.

Camat Sibolangit Hesron T Girsang mengatakan, longsornya badan jalan sekitar 50 meter itu disebabkan oleh hujan deras yang terus menerus mengguyur wilayah tersebut. Akibatnya, aktivitas warga kini menjadi terhambat.

"Kami sudah menyampaikan kejadian tersebut ke Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Deliserdang untuk sesegera mungkin mengambil langkah perbaikan, mengingat jalan tersebut merupakan akses masyarakat Dusun II dan lll, Desa Salabulan dalam beraktivitas dan tidak ada akses lain," kata Hesron, melansir Tribun Medan, Rabu (23/11/2022).

Di samping itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deli Serdang, Amos F Karo-Karo pun membenarkan jalan terputus tersebut. Ia menyebutkan, akses jalan itu menghubungkan Kecamatan Sibolangit menuju Biru-Biru.

"Akses jalan tersebut menghubungkan Kecamatan Sibolangit menuju Biru-Biru. Pengendara motor dan mobil tidak bisa melalui," sebut Amos, Rabu (23/11/2022).

Ia menjelaskan, warga biasanya hanya menempuh jarak sejauh 7 kilometer untuk berjalan dari Sibolangit menuju ke Biru-Biru. namun kini, warga harus memutar sejauh 70 kilometer.

Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menangani dan memperbaiki jalan tersebut.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk segera memperbaiki akses jalan ambles karena longsor," pungkasnya,

Tag : #deli serdang    #longsor    #daerah    #akses jalan    #berita sumut   

Baca Juga