Tangkapan layar akun instagram KBRI Beijing yang diretas

Akun Instagram Resmi KBRI Diretas, Foto Profil Diganti Jadi Gambar Naruto

Wanovy | Teknologi | 27-10-2021

KBRI Beijing mengonfirmasi akun Instagram resminya dengan handle @kbribeijing mengalami peretasan. Konfirmasi itu tertera dalam keterangan resmi Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (26/10/2021).

"Per 26 Oktober 2021 KBRI Beijing telah memahami bahwa akun Instagram KBRI Beijing telah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu kami telah berkomunikasi secara resmi kepada Kemenlu RI dan juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Facebook Indonesia selaku parent company Instagram. Namun demikian hal ini membutuhkan prosedur dan waktu," tulis Kemlu RI.

Informasi ini awalnya diketahui dari kicauan beberapa pengguna Twitter. Salah satunya diunggah oleh akun dengan handle @TxtdariHI yang menyertakan tangkapan layar laman profil akun @kbribeijing yang telah mendapatkan lencana biru (terverifikasi). Dalam gambar tersebut, tampak foto profil yang sempat diganti dengan foto sesosok pria.

Foto tersebut juga dipajang di feed Instagram akun @kbribeijing. Keterangan nama "PK" dengan bendera negara Inggris. Di bawahnya terdapat keterangan bio dan tautan yang tidak berkaitan dengan KBRI Beijing.

Pengguna Twitter lain juga ikut mengunggah tampilan profil akun @kbribeijing yang berbeda, yakni dengan gambar tokoh anime Jepang Naruto yang terpasang sebagai foto profil.

KBRI Beijing berharap akun Instagram tersebut dapat kembali pulih agar dapat melayani seluruh pengguna setia Instagram KBRI.

Akun Instagram @kbribeijing yang diduga diretas itu sudah mendapat centang biru tanda akun terverifikasi. Dalam akun ini tampak tidak memiliki unggahan apapun dengan 0 post, dan 11,3 ribu pengikut dan mengikuti 322 akun lain.

KBRI Beijing kembali mengimbau kepada seluruh pengguna akun media digital untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap pesan langsung dari akun tersebut dan dapat berkomunikasi langsung pada Hotline KBRI Beijing di atas atau di Facebook page KBRI Beijing secara aman dan nyaman pada link https://www.facebook.com/kbribeijing.

Tag : teknologi, scam, instagram, kbri

Berita Terkait