Cara Menghasilkan Uang dengan Facebook Pro: Fitur Profesional untuk Kreator dan Pengguna

Aplikasi Facebook yang kini menyediakan mode profesional (Foto: about.meta)

PARBOABOA, Jakarta - Kehadiran sejumlah platform digital, khususnya media sosial tidak hanya memberi kemudahan bagi individu dalam berkomunikasi dan berjejaring dengan individu lain.

Terkini, media sosial menjadi lumbung yang menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup para pengguna.

Facebook Pro, misalnya menjadi salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh Facebook untuk akun profesional. 

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna tidak hanya dapat memperluas jangkauan dan eksistensinya sebagai kreator, tetapi juga menjaga hubungan personal dengan teman dan keluarga.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Facebook, mode Profesional memungkinkan pengguna membangun profil sebagai kreator digital. 

Saat mode ini diaktifkan, pengaturan "Siapa yang Bisa Mengikuti Saya" akan otomatis menjadi publik dan mempermudah pengguna dalam menarik audiens yang lebih luas.

Beberapa fitur unggulan yang akan diakses oleh pengguna meliputi dasbor profesional yang memberikan wawasan mendalam dan kemampuan untuk mengundang teman menjadi pengikut. 

Fitur lain yaitu komposer postingan yang memungkinkan pengguna memilih pemirsa untuk setiap unggahan (seperti Teman atau Publik). 

Selain itu, terdapat dukungan kreator yang memberikan bantuan langsung dari Facebook bagi mereka yang memenuhi syarat.

Dengan fitur-fitur tersebut, Facebook Pro memudahkan pengguna untuk memperluas jangkauan pertemanan dengan banyak orang.

Keunggulan lain adalah kemampuan untuk memonetisasi akun secara cepat dan mudah. 

Dengan serangkaian layanan profesional, pengguna dapat meraih keuntungan dari konten yang diunggah. 

Namun, perlu diingat bahwa hanya pengguna yang memenuhi persyaratan kelayakan yang dapat melakukan monetisasi dan usianya harus mencapai minimal 18 tahun.

Metode monetisasi yang tersedia antara lain melalui Iklan di Facebook Reels, Iklan In-stream, dan langganan.

Aktivasi Mode Profesional

Facebook Pro menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk kreator dan pengguna profesional. 

Mode ini memungkinkan Anda untuk memperluas jangkauan, membangun merek pribadi, dan bahkan memonetisasi konten. 

Berikut ini adalah panduan lengkap untuk mengaktifkan mode profesional di Facebook:

1. Buka Profil Facebook Anda:

Masuk ke akun Facebook Anda dan buka halaman profil. Pastikan Anda telah masuk dengan akun yang ingin diubah ke mode profesional.

2. Akses Menu Pengaturan:

Di bawah header profil Anda, temukan dan klik atau ketuk tombol menu (...) yang terletak di sisi kanan. Menu ini memberikan akses ke berbagai pengaturan profil.

3. Aktifkan Mode Profesional:

Pilih opsi "Enable Professional Mode" dari menu yang ditampilkan. Opsi ini akan mengubah pengaturan akun Anda untuk mengakses fitur-fitur profesional.

4. Konfirmasi Aktivasi:

Untuk mengonfirmasi, klik atau ketuk "Aktifkan" dan ikuti petunjuk yang diberikan hingga proses selesai. 

Setelah selesai, akun Anda akan ditingkatkan ke mode profesional dengan fitur-fitur tambahan.

Keuntungan Mode Profesional

Dengan mengaktifkan mode profesional, Anda mendapatkan akses ke beberapa fitur eksklusif seperti Dasbor Profesional yang menyediakan wawasan mendalam tentang kinerja konten, interaksi pengikut, dan statistik lainnya.

Akses berikut adalah Pengaturan Pengikut Publik yang Memungkinkan siapa saja untuk mengikuti akun Anda serta meningkatkan jangkauan dan visibilitas.

Selain itu, ada fitur Komposer Postingan yang memungkinkan Anda untuk menentukan siapa yang dapat melihat setiap postingan, apakah teman atau publik.

Akses lain adalah dukungan kreator dari Facebook yang memberikan akses khusus bagi kreator yang memenuhi syarat.

Terakhir, fitur monetisasi konten yang memberi peluang untuk menghasilkan pendapatan dari konten melalui iklan di Facebook Reels, Iklan In-stream, dan langganan.

Pertimbangan Lebih Lanjut

Sebelum mengaktifkan mode profesional, Anda perlu memastikan beberapa ketentuan berikut:

1. Kompatibilitas: Pastikan akun Anda memenuhi syarat untuk mengaktifkan mode profesional.

2. Usia Pengguna: Hanya pengguna berusia di atas 18 tahun yang dapat mengakses fitur monetisasi.

3. Tujuan Akun: Pertimbangkan apakah Anda ingin menggunakan akun tersebut lebih untuk keperluan pribadi atau profesional.

Dengan panduan ini, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkan mode profesional di Facebook sesuai kebutuhan dan tujuan penggunaan akun. 

Manfaatkan fitur-fitur unggulan yang ditawarkan untuk mengoptimalkan kehadiran Anda di platform Facebook.

Sekilas tentang Facebook

Facebook adalah sebuah aplikasi yang digagas oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa semester II di Harvard University. 

Berawal dari proyek situs kontak jodoh bernama Facemash.com, Zuckerberg terinspirasi oleh situs Hot or Not

Pada Facemash, pengguna dapat memilih pasangan yang paling menarik dari dua foto yang ditampilkan. 

Untuk memperoleh foto-foto ini, Zuckerberg mengumpulkan gambar dari teman-teman kampusnya, bahkan sampai membobol jaringan komputer kampus untuk mendapatkan lebih banyak foto. 

'Aksi nakal' tersebut akhirnya diketahui oleh pihak kampus yang kemudian memblokir Facemash.com dan memberikan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman pemecatan. 

Dalam pembelaannya, Zuckerberg mengatakan bahwa potensi situs tersebut bisa saja mengangkat popularitas kampus jika digunakan dengan bijak.

Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg kemudian meluncurkan Facebook, sebuah situs jaringan sosial. Awalnya, keanggotaan situs ini terbatas hanya untuk mahasiswa Harvard. 

Namun, dalam dua bulan berikutnya, keanggotaannya diperluas ke berbagai sekolah lain di wilayah Boston, seperti Boston College, Boston University, MIT, dan Tufts. 

Jaringan Facebook terus berkembang ke perguruan tinggi lainnya, termasuk semua sekolah yang tergabung dalam Ivy League. 

Dalam satu tahun sejak peluncurannya, keanggotaan Facebook telah meluas ke seluruh perguruan tinggi di Amerika Serikat dan akhirnya mencakup universitas di seluruh dunia.

Keanggotaan Facebook tidak lagi terbatas pada mahasiswa. Kini, siapa saja yang memiliki alamat email dapat bergabung. 

Dengan berbagai fitur yang terus diperbarui, Facebook menjadi platform yang tidak hanya untuk bersosialisasi tetapi juga untuk bisnis dan hiburan. 

Facebook terus berkembang dari sekadar situs jaringan sosial kampus menjadi raksasa teknologi global. 

Kini, Facebook menawarkan berbagai layanan seperti Facebook Marketplace, Facebook Watch, dan fitur-fitur monetisasi untuk kreator konten. 

Perkembangan ini menunjukkan bagaimana Facebook berhasil beradaptasi dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya di seluruh dunia.

Dengan lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan, Facebook telah mengubah cara kita berinteraksi dan berkomunikasi, serta menjadikannya salah satu platform media sosial terbesar di dunia.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS