BKN tegaskan untuk menjadi ASN harus lulus tes CAT

Badan Kepegawaian Negara Tegaskan Anak Pejabat Sekalipun Tidak akan Bisa jadi PNS Tanpa Seleksi

rini | Nasional | 07-10-2021

PARBOABOA, Jakarta - Keinginan banyak masyarakat untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan jalur yang gampang tanpa mengikuti tes seleksi resmi sepertinya tidak akan bisa terwujud lagi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan tidak akan ada peluang lolos menjadi ASN tanpa melewati seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) CPNS 2021. Hal ini juga berlaku bagi anak pejabat sekalipun.

"Jangan sampai tertipu apabila ada yang menawarkan diri membantu mejadi ASN secara instan. Karena anak-anak pejabat sekalipun tidak ada yang bisa masuk tanpa seleksi," kata Bima, Kamis (7/10).

Sistem CAT yang sekarang dipergunakan akan dikembangkan dengan penambahan fitur pendeteksi wajah peserta CPNS agar menghindari pencaloan di lokasi tes.

Dia pun berpesan kepada para peserta bahwa kunci keberhasilan mereka dalam mengikuti seleksi tergantung pada kemampuan masing-masing peserta.

"Percayalah dirilah bahwa hanya peserta sendirilah yang bisa memastikan dirinya bisa menjadi ASN, salah satunya dengan persiapan yang baik dan tentu berdoa," tandasnya.

Oleh karena dihimbau agar para peserta maupun orangtua peserta CPNS tidak tergiur dengan iming-iming yang ditawarkan para calo yang menawarkan kemudahan-kemudahan dalam proses ujian CPNS.

Tag : #nasional    #cpns    #asan    #cat    #jangan percaya calo    #semua asn harus ikut ujian   

Baca Juga