Manchester City dan Liverpool kandidat juara Liga Inggris 2021/2022 (Foto: Marca.com)

Analisis Juara Liga Inggris Musim 2021/2022: Menunggu Siapa Yang Lebih Dulu Tergelincir!

Michael | Sepakbola | 23-04-2022

Parboaboa.com – Persaingan perebutan juara Liga Inggris musim 2021/2022 terjadi begitu sengit. Manchester City dan Liverpool menjadi dua kandidat terkuat yang akan berduel sampai partai terakhir kompetisi musim ini. Kedua tim tersebut hanya berselisih satu poin di papan klasemen sementara. Jadi siapa yang lebih dulu tergelincir, dipastikan akan kehilangan kesempatan menjadi juara.

Manchester City menjadi tim yang lebih diunggulkan menjadi juara Liga Inggris musim 2021/2022. Saat ini tim asuhan Pep Guardiola tersebut menempati puncak klasemen dengan raihan 77 poin dari 32 pertandingan.

Di pertandingan terakhirnya, Manchester City berhasil melumat Brighton & Hove Albion dengan skor 3-0. Bermain di Etihad Stadium, Kamis (21/4) dini hari WIB, The Citizens berhasil menang berkat gol yang dicetak Riyad Mahrez, Phil Foden dan Bernardo Silva.

Hasil ini membuat mereka kembali ke puncak klasemen yang sebelumnya berhasil ditempati Liverpool setelah mengalahkan Manchester United.

Dari 38 matchday selama satu musim Liga Inggris, Manchester City telah memainkan 32 pertandingan, tersisa 6 laga lagi. Dari enam sisa laga tersebut, City relatif mendapatkan lawan yang tidak terlalu merepotkan. Dalam waktu dekat, mereka akan menghadapi Watford di Etihad Stadium, Sabtu (23/4) malam WIB.

Laga kontra Watford yang akan terjadi akhir pekan nanti diprediksi akan dimenangkan dengan mudah oleh Manchester City. Di perjumpaan pertama, The Citizens berhasil mengalahkan Watford dengan skor 3-1. Skuad Biru Langit ini menang berkat gol yang dicetak oleh Raheem Sterling dan brace Bernardo Silva.

Jika dilihat dari posisi di papan klasemen, Manchester City jauh lebih super power karena berada di puncak klasemen, sementara Watford berada di papan bawah dan masih harus berjuang untuk bisa keluar dari zona degradasi. Manchester City diyakini akan mendapatkan tiga poin di laga ini.

Selain pertandingan melawan Watford, di beberapa laga kedepan calon lawan Manchester City juga merupakan penghuni papan bawah dan papan tengah. Setelah laga melawan Watford, City akan menghadapi Leeds United, selanjutnya akan melawan Newcastle, West Ham, dan pertandingan terakhir melawan Aston Villa.

Jika berhasil melewati hadangan Watford, calon lawan yang mungkin saja bisa merepotkan Manchester City adalah West Ham dan Aston Villa. Namun, pertandingan tersebut merupakan dua laga terakhir yang di hadapi City. Jika Liverpool tergelincir sebelum menghadapi laga tersebut, skuad Pep Guardiola bisa dipastikan akan menjadi juara Liga Inggris 2021/2022.

Ambisi Liverpool Merebut Empat Gelar di Musim Ini

Liverpool masih menjaga peluang untuk bisa meraih empat gelar di musim ini. Saat ini, mereka telah menenangkan satu gelar yakni Piala Liga Inggris (EFL Cup/Carling Cup). Tiga gelar tersisa yang masih mungkin untuk mereka raih adalah juara Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala FA.

Dari tiga kompetisi tersebut, Liverpool telah berhasil mencapai babak final di Piala FA. Mereka nantinya akan berhadapan dengan Chelsea di Wembley Stadium, Sabtu (14/5) mendatang. Skuad arahan Jurgen Klopp ini diprediksi akan memenangkan pertandingan final kontra Chelsea tersebut.

Di Liga Champions, Liverpool telah berhasil mencapai babak semifinal. Mereka akan berhadapan dengan Villarreal dalam dua leg untuk memperebutkan satu tiket ke final. Di partai puncak nantinya mereka akan berhadapan dengan pemenang antara Real Madrid dan Manchester City.

Final Liga Champion sebelumnya dijadwalkan akan berlangsung di Rusia. Namun, UEFA memindahkan lokasi berlangsungnya final Liga Champions ke Prancis setelah Rusia menginvasi Ukraina. Hal ini merupakan salah satu bentuk sanksi UEFA untuk Rusia.

Dan satu trofi lagi yang masih mungkin bisa didapatkan Liverpool untuk melengkapi empat gelar mereka dalam semusim adalah juara Liga Inggris. Saat ini The Reds menempati peringkat kedua klasemen dengan perolehan poin 76 dari 32 pertandingan, selisih satu poin dengan pemuncak klasemen Manchester City.

Liverpool berhasil melewati hadangan pertamanya dalam menjaga peluang menjadi juara Liga Inggris.

The Reds sukses berpesta gol ke gawang Manchester United di laga tunda pekan ke-25 Liga Inggris 2021/2022, Rabu (20/4/) dini hari WIB. Liverpool menang 4-0 berkat gol yang dicetak Luis Diaz, Sadio Mane, dan brace Mohamed Salah.

Hasil ini sempat membuat mereka naik ke puncak klasemen sebelum akhirnya direbut kembali oleh Manchester City.

Liverpool telah memainkan 32 pertandingan dari 38 laga dalam satu musim Liga Inggris. Itu berarti ada 6 pertandingan yang tersisa sebelum musim 2021/2022 berakhir.

Calon lawan Liverpool dalam 6 pertandingan kedepan lebih sulit dibandingkan lawan-lawan yang akan di hadapi Manchester City.

Akhir pekan nanti, Liverpool akan menjamu Everton dalam laga bertajuk Derbi Merseyside. Laga sengit ini akan terjadi di Anfield Stadium, Minggu (24/4) malam WIB. Skuad Jurgen Klopp akan menghadapi hadangan keduanya untuk menjaga peluang menjadi juara Liga Inggris.

Setelah pertandingan melawan Everton akhir pekan nanti, Liverpool juga harus menghadapi Villarreal di semifinal Liga Champions. Pertandingan kontra Villarreal ini akan berlangsung dalam dua leg. Leg pertama akan  berlangsung di Anfield Stadium pada 28 April minggu depan, sementara leg kedua akan bertandang ke markas Villarreal pada 4 Mei mendatang.

Sebelum menghadapi leg kedua kontra Villarreal, Liverpool harus menjalani pertandingan Liga Inggris melawan Newcastle United. The Reds akan bertandang ke St James Park pada 30 April 2022.

Skuad arahan Jurgen Klopp ini akan menghadapi pekan yang lebih berat lagi setelah itu. 3 pertandingan Liga Inggris dan satu laga final Piala FA akan menjadi jadwal selanjutnya untuk Liverpool.

Tottenham pun menjadi lawan pertama Liverpool di pekan berat menjelang akhir Liga Inggris. Selanjutnya, mereka juga akan bertandang ke Aston Villa yang dilatih legenda mereka, Steven Gerrard. Setelah itu, The Reds akan menghadapi pertandingan terakhir melawan Wolverhampton di Anfield Stadium.

Jika di pekan-pekan berat yang akan dihadapi Liverpool di Liga Inggris membuat mereka tergelincir, maka peluang mereka untuk menjadi juara dan meraih empat gelar dalam musim ini akan sirna.

Ambisi Liverpool untuk meraih empat gelar dalam musim ini akan terjadi jika mereka berhasil melewati pekan-pekan berat tersebut. Dan berharap Manchester City tergelincir di beberapa laga kedepan.

Jadwal Pertandingan Manchester City

  • 23 April 2022, Manchester City vs Watford (Liga Inggris)
  • 27 April 2022, Manchester City vs Real Madrid (UCL)
  • 30 April 2022, Leeds United vs Manchester City (Liga Inggris)
  • 5 Mei 2022, Real Madrid vs Manchester City (UCL)
  • 8 Mei 2022, Manchester City vs Newcastle United (Liga Inggris)
  • 15 Mei 2022, West Ham vs Manchester City (Liga Inggris)
  • 22 Mei 2022, Manchester City vs Aston Villa (Liga Inggris)

Jadwal Pertandingan Liverpool

  • 24 April 2022, Liverpool vs Everton (Liga Inggris)
  • 28 April 2022, Liverpool vs Villarreal (UCL)
  • 30 April 2022, Newcastle vs Liverpool (Liga Inggris)
  • 04 Mei 2022, Villarreal vs Liverppol (UCL)
  • 08 Mei 2022, Liverpool vs Tottenham (Liga Inggris)
  • 11 Mei 2022, Aston Villa vs Liverpool (Liga Inggris)
  • 14 Mei 2022, Liverpool vs Chelsea (Piala FA)
  • 22 Mei 2022, Liverpool vs Wolverhampton (Liga Inggris)
     
Tag : #liga inggris    #analisis    #sepakbola    #manchester city    #liverpool   

Baca Juga