KKB bakar rumah warga pada Selasa (2/11)

Anggota KKB Papua Tewas, Setelah Kontak Senjata di Intan Jaya

rini | Daerah | 06-11-2021

PARBOABOA, Papua - Kontak senjata kembali terjadi antara Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dengan aparat gabungan TNI dan Polri di Desa Bilogae, Intan Jaya, Papua Jumat (5/11). Akibatnya satu anggota KKB meninggal dunia tertembak.

"Benar terjadi kontak tembak dan informasinya dari KKB 1 MD (meninggal dunia)," kata Kepala Operasi Nemangkawi, Brigjen Ramdani Hidayat, Jumat (5/11).

Anggota KKB tersebut tertembak saat membawa senjata api laras panjang. Namun identitasnya belum diketahui.

Ramdani memastikan kondisi di Intan Jaya sudah kembali kondusif, namun Ramdani belum menuturkan lebih lanjut mengenai kronologi pecahnya kontak tembak hari ini.

Kondisi di Intan Jaya kembali memanas setelah KKB membakar rumah warga di Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua, pada Selasa (2/11/2021). Beruntung tidak ada korban akibat aksi pembakaran tersebut.

"Petugas mendapatkan info adanya pembakaran gedung Kantor DPRD oleh teroris KKB pada Selasa (2/11/2021) siang. Namun berkat antisipasi pemantauan Tim Satgas TNI-Polri yang bertugas di Distrik Sugapa, Intan Jaya berhasil mengantisipasi pembakaran dengan penjagaan ketat," ujar Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kolonel Czi IGN Suriastawa.

Aparat TNI-Polri terus melakukan penjagaan di lokasi untuk mencegah serangan lanjutan dari teroris KKB. Aksi pembakaran itu diduga dilakukan kelompok teroris KKB Intan Jaya Pimpinan Undius Kogoya.

Pembakaran dan teror yang dilakukan teroris KKB di Intan Jaya bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya, pada Jumat (29/11) kemarin  KKB melakukan aksi pembakaran rumah warga di skeitar Polsek Sugapa. Tak hanya gudang dan ambulans, satu unit mobil tangki air di Bandara Bilogai juga dibakar. Kontak tembak antara Satgas TNI-Polri terjadi setelah aksi pembakaran tersebut.

Tag : daerah, papua, intan jaya, kkn, kontak senjata, kkb tewas, tertembak

Berita Terkait