Kota futuristik Neom di Arab Saudi bakal memiliki bangunan terbesar di dunia.

Arab Saudi bakal Bangun Gedung Terbesar Dunia, Panjangnya Puluhan Kilometer

Dion | Internasional | 02-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Arab Saudi saat ini disebut tengah merencanakan untuk membuat bangunan terbesar dunia di Neom, kota futuristik ide Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman. 

Dilansir South China Morning Post (SCMP), Kamis (2/6/2022), bangunan superjumbo itu merupakan bagian dari pengembangan Kota Neom yang diperkirakan menelan dana hingga US$500 miliar (sekitar Rp7.300 triliun). 

Pangeran Mohammed bin Salman, atau yang biasa disebut MBS itu, berencana membangun gedung kembar pencakar langit setinggi 500 meter yang membentang lurus sepanjang puluhan kilometer. 

Bangunan pencakar langit itu akan menaungi berbagai fasilitas, seperti perumahan, pusat perbelanjaan, dan perkantoran, yang membentang dari pantai Laut Merah hingga ke gurun pasir. 

Perencanaan pembangunan Neom pertamakali diungkap ke publik pada 2017 lalu. Dan sejak saat itu, banyak hal yang berubah seiring perkembangan konsep. 

Bangunan terbesar di dunia ini akan saling terhubung oleh kereta api bawah tanah berkecepatan tinggi yang dibangun di sepanjang kota. 

Saat ini para perancang diinstruksikan membuat prototipe bangunan sepanjang 800 meter. Jika benar-benar jadi dibangun, maka setiap bagian dari struktur bangunan itu akan jauh lebih besar dari gedung manapun di dunia saat ini. 

Neom dibangun di wilayah terpencil di Arab Saudi. Kota ini direncanakan sebagai kota urban otonomus termutakhir dan diharapkan dapat menarik banyak investor asing serta membantu perekonomian Saudi untuk lepas dari ketergantungan penjualan minyak bumi. 

The Line merupakan julukan yang diberikan kepada Neom, karena kota ini membentang lurus secara horizontal dan bebas mobil. 

"The Line merupakan ide out of the box," kata Nadhmi Al-Nasr, kepala eksekutif Neom, dalam wawancaranya kepada SCMP. 

"Apa yang akan kami persembahkan ini akan terlihat sangat revolusioner," tambahnya sembari menolak untuk memberikan penjelasan detail tentang pembangunan kota tersebut. 

Menurut Al-Nasr, rangkaian bangunan itu akan memiliki ketinggian yang berbeda-beda, tergantung kontur tanah dan lanskap wilayah. 

Timur Tengah saat ini merupakan rumah bagi sejumlah bangunan tertinggi di dunia, salah satunya adalah Burj Khalifa di Dubai. 

Bahkan jauh sebelum kebangkitan Pangeran MBS, Pangeran Alwaleed bin Talal telah mengumumkan rencana untuk membangun gedung tertinggi di dunia dekat Jeddah. Namun hingga kini bangunan itu masih setengah jadi. 

Tag : #gedung terbesar di dunia    #arab saudi    #internasional    #neom    #kota futuristik   

Baca Juga