Pemerintah Arab Saudi akhirnya mengizinkan 1 juta jamaah untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Haramain Info

Arab Saudi Buka Pintu Haji bagi 1 Juta Muslim Dunia

Dion | Internasional | 09-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi pada Sabtu (9/4/2022) merilis pengumuman yang memperbolehkan satu juta jamaah, baik domestik maupun internasional, menunaikan ibadah haji untuk tahun 1443 H/2022.

Melalui pengumuman yang disampaikan lewat akun resmi Twitter Kementerian Haji dan Umrah @MoHU-En itu dikatakan, jamaah haji harus berusia di bawah 65 tahun. 

Selain itu, calon jamaah juga wajib divaksin Covid-19 yang disetujui oleh kementerian kesehatan Kerajaan Arab Saudi. 

Jamaah juga wajib menunjukkan hasil tes PCR negatif yang diambil dalam waktu 72 jam dari waktu keberangkatan. 

Dalam pengumuman tersebut dikatakan, jumlah jamaah haji yang datang dari negara tertentu akan disesuaikan dengan kuota yang dialokasikan oleh masing-masing negara. 

Kementerian Haji dan Umrah menginstruksikan bahwa semua jamaah harus mengikuti instruksi kesehatan dan mematuhi semua tindakan pencegahan demi kesehatan dan keselamatan saat melakukan ibadah haji. 

Jumlah jamaah yang diizinkan menunaikan ibadah haji ini sangat berkurang dibanding dua tahun sebelumnya. Pembatasan tersebut untuk memerangi pandemi virus corona.

Menurut data resmi, tahun lalu, ada 58.745 jamaah yang melakukan ibadah haji. Sebelum pandemi, jumlah jamaah haji kerap melebihi 2 juta orang.

Tag : #arab saudi    #ibadah haji    #internasional    #kementerian haji dan umrah arab saudi    

Baca Juga